Iklan

Aksi Pecah Gelas, Warnai Sidang Khusus Paripurna KIP Aceh Timur Jilid II

ACEH TIMUR | Melalui Paripurna Khusus Jilid II, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur, Senin (21/10/13) menetapkan lima orang komisioner KIP Periode 2013- 2018 yang bertempat Ruang Sidang A Gedung Serba Guna, Idi Kabupaten Aceh Timur. 

Menurut amatan wartawan, yang mana pada Paripurna kali ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Timur, Tgk. Hasanuddin, sebagai Pimpinan Sidang dan juga tidak dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur.

Kemudian selanjutnya Ketua Panja (Panitia Kerja) Sulaiman Ismail menyampaikan, laporan hasil penyaringan dihadapan peserta sidang yang hadir antara lain yaitu, menyampaikan tahapan panitia Ad Hock penjaringan dan penyaringan, uji kelayakan oleh panja DPRK Aceh Timur fit and proper test dan menyerahkan hasil penyaringan calon anggota KIP Aceh Timur Kepada pimpinan untuk diparipurnakan.

Kemudian Pimpinan Sidang menanyakan kepada para anggota Dewan yang hadir dalam rapat tersebut apakah setuju atau tidak penetapan hasil pleno oleh Panja. Anggota DPRK menyatakan setuju. Namun salah satu Anggota DPRK dari Fraksi Partai Aceh, Fadhil Muhammad mengacungkan tangannya dan memecahkan gelas keatas meja di ruang sidang yang dipegang olehnya. Selanjutnya Fadhil bergegas meninggalkan ruang sidang dengan berceceran darah di lantai.

Sementara adapun nama - nama Anggota KIP Aceh Timur Jilid II yang ditetapkan melalui Paripurna Khusus pada hari ini yakni,  Drs. Ridwan Suud, Syahrul. S.sos.I,  Ilyas. S.pd.I, Ismail. S.ag dan Syafwan. S.ag. MH. Dan kemudian yang dinyatakan lulus cadangan yaitu, Syafrul, Sofyan, Tarmizi. S.sos.I. MH, Asnawi. SE dan Drs. Wahidin.

Pada Rapat Paripurna Khusus dalam agenda penetapan Anggota KIP Kabupaten Aceh Timur Periode 2013- 2018 dihadiri sebanyak 25 orang Anggota DPRK dari Fraksi Partai Aceh, namun yang tidak hadir Ketua DPRK Aceh Timur, Tgk. Alauddin, Tajul Ula, Mat Rais dan Abdul Hamid sementara dari Fraksi Partai Demokrat sesuai komitmennya memang tidak mau bergabung dalam proses rekrutment KIP Aceh Timur Jilid II.   

Seperti diketahui sebelumnya Komisi A DPRK Aceh timur telah menetapkan lima calon anggota KIP ( Komisi Independent Pemilihan ) Aceh Timur,  melalui rapat pleno Komisi A sendiri.

Namun hasil pleno tersebut ditolak dalam rapat paripurna khusus penetapan anggota KIP Aceh Timur pada tanggal 24 Agustus 2013 lalu yang juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur, Hasballah. M. Thaib dan Syahrul Syamaun.

Kemudian pada, Selasa (8/10/13), Panja ( Panitia Kerja ) Seleksi Banmus DPRK Aceh Timur melaksanakan fit and propert test terhadap 15 calon anggota Komisioner KIP Aceh Timur Jilid II, yang bertempat di Aula DPRK, Jalan Medan - Banda Aceh, Gampong Tanoh Anoh, Idi Rayeuk.

Fit and propert test tesebut yang dipimpin langsung oleh  Tgk. Sulaiman Ismail sebagai Ketua dan didampingi oleh Tgk. Mukhtar Lutfi,  Sekretaris, serta tiga orang anggota terdiri dari  Tgk. Marzuki, Tgk. M. Yunus dan Tgk. Zulkifli Thaib, yang semuanya berasal dari fraksi Partai Aceh sementara fraksi Partai Demokrat sendiri tidak bergabung dalam proses rekrutment calon Anggota KIP Aceh Timur itu. 

Sedangkan 15 (Lima Belas) calon Anggota KIP Aceh Timur yang mendapatkan undangan untuk mengikuti fit and propert tes yaitu Mulia Karim, S. Ag, MH, Drs. Ridwan Suud, Ismail, S. Ag, Tarmizi, S. Sos. I, MA, Ilyas, Spd. I, Drs. Arbani Ismail, Sofyan, Syahrul, S. Sos. I, Drs. Wahidin, Safwan, S. Ag, MH, Safrul, Asnawi, SE, Iskandar A. Gani, Ismail, SE dan Saiful Watan.

Namun dalam perekrutan ulang ini, ada tiga calon anggota KIP Aceh Timur yang tidak hadir dan tidak ada keterangan. Ketiganya tidak ada konfirmasi ke Tim Panja Seleksi, yaitu  Iskandar A. Gani, SE, Ismail, SE dan Saiful Watan.

Sebelumnya Tim Seleksi KIP Aceh Timur telah menetapkan lima calon anggota Komisioner KIP Aceh Timur periode 2013 - 2018 dan sudah diplenokan oleh Komisi A. Adapun lima nama yang sudah ditetapkan menjadi anggota Komisi Independen Pemilihan periode 2013-2018, yakni Iskandar A Gani, Mulia Karim, Ridwan Suud, Tarmizi, serta Sofyan. | d77 |