Iklan

Hari Anak Nasional Di Peringati

IDI – ACEH TIMUR |  Bertepatan dengan hari kerja tambahan menggantikan libur tambahan Rabu (16/10) lalu, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang dipusatkan di Aula Serbaguna Idi, Sabtu (19/10/13). Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan. 

Kegiatan yang dimotori Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Sejahtera (BPMPKS) Aceh Timur, juga turut dihadiri Asisten II Setdakab Aceh Timur, Amiruddin NN dan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Timur,  Tgk H Azhar BTM dan Kepala BPMPKS Mansur serta jajaran Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Aceh Timur.

Adapun Thema yang diusung pada Peringatan HAN tahun 2013 yaitu " Mari Kita Tingkatkan Kreativitas Anak Dimulai dari Pengasuhan dalam Keluarga".  Bupati Aceh Timur melalui Asisten II Setdakab Aceh Timur mengharapkan, semua kalangan khususnya pihak kelurga dapat menjadikan inspirasi dan motivasi untuk lebih meningkatkan kepedulian pada pemenuhan empat hak pokok bagi anak yakni hal perawatan dan pengasuhan, hak kesehatan, hak pendidikan dan hak rekreasi, hak perlindungan dan kekerasan, eksploitasi dan diskriminatif.

"Keempat hak pokok itu sejalan dengan amanat konstitusi UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dan kekerasan dari diksrimintif," jelas Amiruddin, seraya mengajak, orangtua untuk dapat memenuhi hak anak, merawat dan mengasuh dengan penuh kasih sayang serta penuh tanggungjawab.

Menurut Amiruddin, usia emas yakni sejak lahir hingga delapan tahun merupakan tahun keunggulan bagi si anak dalam mengasah dan mengasuh untuk tumbuh kembang menjadi insan yang cerdas dan kompetitif dengan pribadi yang luhur, jujur, santun dan berakhlakulkarimah. "Berikan gizi yang cukup dan seimbang agar fisiknya tumbuh sehat dan kuat serta memiliki mental yang tangguh," kata Amiruddin, mantan Camat Julok itu. |d77|