Iklan

Mahasiswa ajarkan warga Aceh Jaya bikin pakan ternak ikan payau

Ilustrasi Tambak
CALANG - ACEH JAYA | MAHASISWA Universitas Teuku Umar atau UTU Meulaboh melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Gunong Meulinteung, Panga Aceh Jaya. Mereka mengajarkan warga sekitar desa cara membuat pakan ternak untuk makanan ikan air payau yang dibudidayakan masyarakat setempat.

"Kegiatan KKN yang dilakukan selain mengabdi dengan masyarakat juga mengajarkan kemandirian bagi masyarakat dengan cara membuat dan memproduksi pakan ternak bagi ikan payau," ujar Khaidir Azhar, Koordinator Desa KKN dari UTU yang bertugas di Gunong Meulinteung kepada ATJEHPOSTcom, Jumat, 18 Oktober 2013.


Menurutnya pakan ternak untuk ikan payau yang diajarkan kepada masyarakat dibuat secara alami menggunakan jagung yang dicampur dengan tepung beras serta ikan asin. Diharapkan kegiatan tersebut membuat masyarakat mampu menekan pengeluaran biaya rumah tangga, sehingga uang yang sebelumnya digunakan untuk pakan bisa digunakan untuk keperluan lain.


“Dengan pakan yang diolah itu selain mendorong pertumbuhan ikan lebih cepat, juga membangun efisiensi ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.
Selain mengolah pakan ternak, mahasiswa juga mengajak masyarakat menciptakan lingkungan sehat dengan menanam tanaman jenis apotek hidup di lingkungan rumah tangga masing- masing.


“Kita juga mengajarkan masyarakat dalam pembuatan pupuk kompos bagi masyarakat yang nantinya bisa digunakan untuk lahan pertanian mereka,” katanya.