Iklan

Panitia Penggagas Minta BPN Segera Ukur Lahan Jalan Elak

Tgk. H. Anwar Abda
ACEH TIMUR | Ketua Panitia Pelaksana program pembangunan jalan elak Peureulak, Tgk. H. Anwar Abda meminta Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Timur untuk segera turun melakukan pengukuran lahan untuk pembangunan jalan elak yang menghubungkan Peureulak Barat dengan Kota Peureulak. Pasalnya, ada areal milik warga yang harus dilakukan ganti rugi sesuai kesepakatan sebelumnya.

Hal ini dikatakan H. Anwar kepada wartawan, Rabu (23/10), menurutnya, rintisan pembangunan jalan elak tersebut sudah dilaksanakan, “ dan untuk sama-sama diketahui lebar jalan yang dibangun adalah 8 meter dengan panjang sekitar 3200 meter,” ujarnya.

Dijelaskannya, dari 8 meter lebar jalan tersebut, dimana 4 meternya merupakan waqaf masyarakat yang tanahnya terkenan untuk pembangunan jalan ini, sedangkan 4 meter sisanya nantinya akan dilakukan ganti rugi oleh Pemerintah daerah, akan tetapi kendala sekarang belum turunnya BPN guna melakukan pengukuran sehingga memperoleh data yang akurat, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan nantinya.

Disebutkannya, pembangunan ruas jalan tersebut meliputi beberapa gampong, diantara adalah gampong dalam Kecamatan Peureulak Barat, Tanjung Tualang, Tualang dan Pasir Putih Kecamatan Peureulak Kota. “ Masyarakat sangat mendukung pelaksanaan pembangunan jalan ini sehingga memudahkan akses warga dari kedua kecamatan dimaksud,” terang H.Anwar.

Dikatakannya, bahwa program pembangunan jalan elak Peureulak Barat-Peureulak Kota termasuk juga salah satu program Bupati Aceh Timur Hasballah Bin H.M.Thaib atau Rocky dalam upaya meningkatkan sarana dan prasarana bagi masyarakat sehingga tidak ada lagi daerah terisolir diwilayah kecamatan Peureulak Barat. “Masyarakat kedua daerah memberikan apresiasi kepada Bupati Rocky yang menyahuti aspirasi rakyatnya. Karena pembangunan jalan elak tersebut dapat mengatasi kemacetan di lintasan jalan negara Banda Aceh-Medan,” papar H.Anwar.

Ia menambahkan,  pembangunan jalan elak tersebut kini sudah memasuki tahap pembukaan badan jalan yang dikerjakan sejak September 2012 hingga Januari 2013 lalu, “kami masyarakat sangat mengharapkan pada tahun 2014 mendatang Pemerintah Aceh Timur bisa meningkatkan hingga sampai pengerasan badan jalan ini,” pungkas Tgk.H. Anwar  yang juga tokoh masyarakat Peureulak Barat. |d77|