Iklan

Usir binatang buas, mahasiswa pasang lampu di kawasan jalan Aceh Jaya

CALANG - ACEH JAYA | MAHASISWA Universitas Teuku Umar Meulaboh memasang lampu penerangan di sepanjang jalan Desa Gunong Meulinteung, Aceh Jaya, Rabu, 23 Oktober 2013. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Kuliah Kerja Nyata mahasiswa UTU di Aceh Jaya.

Koodinator Desa KKN Mahasiswa UTU Meulaboh, Khaidir Azhar kepada ATJEHPOSTcom mengatakan lampu yang dipasang yaitu lampu mercury dengan kapasitas 500 watt.


"Kita akan pasang sebanyak delapan unit, lampu tersebut nantinya kita letakan di tempat-tempat strategis yang selama ini kita anggap rawan kecelakaan seperti di daerah lereng," ujarnya.


Kegiatan ini, kata dia, sengaja dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian terhadap warga yang sangat sulit beraktivitas di malam hari. Selama ini, di daerah pemukiman masyarakat desa yang berada di sekitar gunung tersebut rawan kecelakaan. Selain itu, kawasan tersebut juga sering berkeliaran hewan buas seperti harimau dan beruang.


"Dengan suasana desa yang sudah terang, para kawanan hewan liar bisa menjauh dari pemukiman warga yang berpenduduk 143 jiwa ini," katanya.
Mereka berharap dengan adanya pemasangan lampu tersebut, warga setempat bisa mulai beraktivitas di malam hari seperti menggelar majelis taklim, membuka balai pengajian bagi anak-anak.


Selanjutnya, kata dia, dengan adanya penerang jalan bisa memudahkan warga jika dalam kondisi darurat tanpa harus menunggu matahari terbit.
Khaidir mengatakan, lampu jalan yang dipasang tersebut merupakan dana swadaya mahasiswa dan pihak ketiga dari luar Aceh Jaya. Dana tersebut sifatnya tidak mengikat.


"Lampu tersebut dibantu oleh perusahaan tambang batu bara PT Mifa Bersaudara yang beroperasi di Aceh Barat, yang kebetulan saat itu ketika saya ke Meulaboh menjumpai mereka dan menyampaikan keluhan tersebut. Alhamdulillah mereka merespon positif," katanya.


Sumber Atjehpost.com