Iklan

ASG Akan Membangun 400 Unit Rumah Fakir Miskin Di Aceh Timur

Idi - Aceh Timur | Direncanakan Lembaga Aceh Security Grub (ASG) Internasional Antar Bangsa dibawah pengawasan Chulalongkorn University Bangkok, Thailand akan membangun lebih kurang 400 unit rumah untuk masyarakat fakir miskin di beberapa Kecamatan dalam Wilayah Kabupaten Aceh Timur.

Hal itu disampaikan, Ketua ASG Antar Bangsa Kabupaten Aceh Timur Dahlan Syamaun yang didampingi Koordinator ASG Aceh Timur Tgk Muhammad kepada Wartawan, Selasa (19/11/13), di Idi Rayeuk. Disebutkannya, adapun 400 unit rumah tersebut dibagi dalam dua kontrak, dimana satu kontraknya terdiri dari 200 unit.

Sementara Kecamatan yang memperoleh bantuan rumah tersebut antara lain, kecamatan Julok, Simpang Ulim, Nurussalam, Darul Falah, Darul Ikhsan, Idi Rayeuk, Indra Makmur, Pante Bidari, Peudawa, Birem Bayeun,, Sungai Raya, Peureulak Kota, Peureulak Barat, Peureulak Timur dan Ranto Peureulak.

Menurutnya, bantuan tahap pertama sebanyak 400 unit tersebut direncanakan akan dibangun langsung oleh ASG dalam waktu dekat ini, dan katagori penerima bantuan ini adalah masyarakat fakir miskin termasuk juga warga yang memiliki rumah tetapi tidak layak huni. " Kemudian pembangunan rumah dimaksud sesuai data yang telah dikirimkan ke funding serta titik koordinat yang sudah diambil," pungkas Dahlan Syamaun.

Untuk diketahui bersama, bahwa bantuan yang disalurkan nantinya bukan dalam bentuk dana tunai, akan tetapi langsung pembangunan rumah bagi warga penerima yang datanya telah lulus verifikasi. " Pada prinsipnya kita bertanggungjawab atas semua data masyarakat yang sudah kita kirimkan ke donatur," ungkapnya.

Lanjutnya, untuk menghindari tumpang tindih penerima bantuan tersebut, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait dijajaran Pemerintahan Aceh Timur, untuk kedepan ASG Aceh Timur akan berupaya semaksimal mungkin agar bisa memenuhi kuota sebagaimana program pihaknya sebanyak 2000 unit, bahkan pihaknya mendukung sepenuhnya  program yang telah dicanangkan Ketua Umum ASG Aceh dalam dalam upaya mensejahterakan rakyat Aceh umunya dan khususnya masyarakat Aceh Timur terutama sektor prasarana rumah layak huni.

Oleh karena itu, demi terwujudnya semua program dimaksud, pihaknya mengharapkan dukungan dari segenap lapisan masyarakat Aceh Timur dan Pemerintah daerah, karena sesuatu rencanan tanpa partisipasi semua pihak tidak mungkin akan berjalan dengan maksimal sesuai sebagaimana diharapkan. |d77|