Iklan

BKPP Kota Langsa Gelar Sosialisai PP.No 46 tahun 2011

LANGSA | Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota langsa menggelar sosialisasi PP No. 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), Rabu (20/11) di aula kantor setempat.

Acara tersebut dibuka oleh staf ahli Walikota Langsa Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Ir T Tarkun, MM. Dan,sebagai pemateri dari Kantor Reginal VI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Medan, Agus.

Staf ahli Wali Kota Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Ir T Tarkun, MM dalam sambutannya mengatakan, menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah sebuah amanah dan kepercayaan yang diberikan, tidak hanya dari pemerintah daerah, namun juga masyarakat. Sebagai abdi masyarakat, PNS tentunya harus peka dan tanggap terhadap setiap persoalan yang timbul di masyarakat, juga dapat menjadi contoh dilingkungannya dan menjaga prilaku serta memberikan pelayanan prima sesuai dengan latar belakang kompetensi dan penempatannya masing-masing.

Penilaian prestasi kerja PNS dilakukan sekali dalam satu tahun yaitu pada bulan Desember pada tahun yang bersangkutan paling lama akhir Januari tahun berikutnya, penilaian tersebut terdiri atas dua unsur yakni, Pertama, Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang merupakan rencana dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS, SKP memiliki bobot nilai 60 persen. Kedua, prilaku kerja dengan bobot nilai 40 persen, prilaku kerja merupakan tingkah laku, sikap atau tindakan yang dilakukan oleh PNS yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lanjutnya, penilaian prestasi kerja PNS dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja unit dan organisasi PNS. Hasil penilaian tersebut dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan penetapan keputusan kebijakan pembinaan karier PNS yang berkaitan dengan bidang pekerjaan, bidang pengangkatan dan penempatan, bidang pengembangan penghargaan dan bidang disiplin.

Sementara itu, penilaian prestasi kerja PNS dilaksanakan secara sistematis yang penekanannya pada tingkat capaian sasaran kerja pegawai atau tingkat capaian hasil kerja yang telah disusun dan disepakati bersama antara PNS yang bersangkutan dengan pejabat penilai. Penilaian tersebut secara strategis diarahkan sebagai pengendalian prilaku kerja produktif yang disyaratkan untuk mencapai hasil kerja yang disepakati dan bukan penilaian atas kepribadian seseorang PNS. Unsur prilaku kerja yang mempengaruhi prestasi kerja. Yang dievaluasi harus relevan dan berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan dalam jenjang jabatan setiap PNS yang dinilai.

Kepala BKPP Kota Langsa, Syahrul Thaeb, usai mengikuti acara kepada wartawan mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 46 tersebut. Maksudnya melalui PP tersebut nantinya dapat membangkitkan semangat dan kinerja PNS, karena penilaian ini sangatlah objektif yakni sesuai dengan uraian tugas dan kinerja yang dicapai.

Dijelaskannya lagi, adapun dasar pelaksanaan sosialisasi PP No. 46 tahun 2011 yakni, Surat Edaran dari Menpan No. 2 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Penilaian Presatasi Kerja PNS, kemudian Surat Kakanreg VI BKN Medan No. 071/KR.VI/BKN/III/2013 tentang Implementasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan Keputusan Wali Kota Langsa No. PEG.800.07/51/2013 tanggal 15 November 2013 tentang Pembentukan Tim Sosialisasi Peraturan PP No. 46 tahun 2011 tentang penilaian Prestasi Kerja PNS di lingkungan Pemko Langsa.

"Untuk peserta sosialisasi ini diikuti 80 orang dari seluruh perwakilan SKPK yang menangani bidang kepegawaian dan guru, dimana seluruh peserta diwajibkan membawa laptop untuk melakukan pendalaman kasus, study kasus, diskusi dan praktek dari pemateri," katanya. |D2K|
Powered by Telkomsel BlackBerry®