Iklan

Dinas Pendidikan Langsa Gelar Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

Langsa | Dinas Pendidikan Kota Langsa menggelar pelaatihan implementasi kurikulum tahun 2013 bagi pendidik (guru) untuk memenuhi standar kompetensi, Senin (18/11/13), di Aula Hotel Ramile Langsa.

Kepala Dinas Pendidikan Langsa, H Jauhari Amin, SH. MH, dalam sambutannya mengatakan, pendidikan merupakan instrumen utama pembangunan sumber daya manusia (SDM), salah satu arah kebijakan pembangunan bidang pendidikan adalah meningkatkan kemampuan profesional dan meningkatkan jaminan kesejahteraan tenaga kependidikan.


Sehingga mampu berfungsi secara optimal, terutama dalam peningkatan pendidikan watak dan budi pekerti agar dapat mengembalikan wibawa lembaga dan tenaga pendidikan, sebagaimana implementasi kebijakan tersebut. Maka sudah selayaknya program dan kegiatan pembangunan pendidikan diarahkan untuk pengembangan profesionalisme guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.


Berkaitan hal tersebut, maka dilaksanakan pelatihan implementasi kurikulum 2013 yang diikuti guru SMP/MTs di lingkungan Dinas Pendidikan. Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007, yakni pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Kompetensi itu dirangkum menjadi 14 kompetensi sebagaimana dipublikasikan oleh Badan Standar Nasional pendidikan, dimulai dengan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai, menganalisa hasil penilaian dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013 tingkat SMP/MTs," jelasnya.


Dirinya mengharapkan, dengan pelatihan ini ada perubahan maindset, proses pembelajaran yang scintific serta penilaian yang autentik, terutama standar kompetensi lukusan, standar isi, standar pendidik dan tenaga kependidikan (standar proses, pengelolaan dan penilaian pendidik).


Sementara itu, Ketua Panitia, M Syarif, SPd yang juga Kabid Pendidikan Dasar Disdik menjelaskan, pelatihan implementasi kurikulum 2013 ini diikuti oleh 150 guru SMP/MTs se Kota Langsa yang terdiri dari kepala sekolah dan guru dilaksanakan selama lima hari mulai 18-22 November 2013, terangnya.


Dijelaskannya, sebelumnya juga telah dilaksanakan pelatihan serupa periode pertama pada tanggal 11-15 November lalu bagi guru-guru Sekolah dasar dan dilanjutkan hari ini untuk guru SMP/MTs. Direncanakan pelatihan implementasi kurikulum 2013 akan dilaksanakan selama dua kali untuk SD dan SMP, demikian pungkas M. Syarif. (D2K)

Powered by Telkomsel BlackBerry®