Iklan

Humas Aceh Ikuti Pertemuan Nasional Bakohumas

BANDA ACEH | Pejabat Humas provinsi dan kabupaten/kota se-Aceh, Rabu, (20/11/13) mengikuti Pertemuan Tingkat Nasional Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) di Solo, Jawa Tengah.

Kegiatan itu juga diikuti Humas Pemerintah se-Indonesia, termasuk unsur perguruan tinggi, BUMN dan BUMD.

Pejabat Humas asal Aceh yang mengikuti kegiatan nasional Bakohumas kali ini, antara lain Karo Humas Pemerintah Aceh Nurdin F Joes, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Aceh Utara Fakhrurrazi, Kabag Humas dan Protokol Abdya Usmadi, pejabat Humas Aceh Besar masing-masing Hilmi Hasballah dan Usmanuddin, Kabag Humas Langsa Hamdani, dan Kabag Humas Pemkab Aceh Tamiang Zainuddin serta beberapa Humas kabupaten/kota lainnya..

Pertemuan Bakohumas itu berlangsung di The Sunan Hotel Solo dan dibuka Menteri Kominfo, diwakili Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Freddy H Tulung.

Pemateri pada acara ini antara lain Direktur Pemberitaan Metro TV, Suryo Pratomo, unsur Kemenkopolhukam, praktisi/akademisi Prof Mahfud MD, KPU, dan dari Kementrian Kominfo.

Secara umum materi yang dibahas pada Bakohumas itu, terkait peran Humas pemerintah dalam memposisikan citra pemerintah di era keterbukaan informasi.

Terlebih pada tahun 2014 sebagai tahun politik di Indonesia, termasuk agenda Pilpres. Untuk kondisi itu, Humas dituntut mampu menjadi sumber penyedia informasi yang cukup dan seimbang bagi kebutuhan publik.

Seiring keterbukaan informasi dan era reformasi, peran humas semakin stratejik. Sebagai komunikator publik, humas dituntut mampu mengamankan kebijakan lembaganya, memberikan pelayanan, menyebarluaskan pesan serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan dan program lembaganya.

Humas juga mesti bergiat menjadi mediator kepentingan instansi pemerintah dengan tetap menampung dan menjembatani kepentingan publik (d-77)
Powered by Telkomsel BlackBerry®