Iklan

Merajut Indonesia,Seribu Merah Putih Dipancangkan di Titik Nol Sabang

SABANG  - Menpora Roy Suryo hari Selasa (5/11) petang kemarin, memimpin pemancangan 1.000 bendera Merah Putih di Sabang, Aceh. Pemancangan bendera Merah Putih yang dirangkai dengan pembacaan Ikrar Pemuda dilakukan di Monumen Titik Nol Kilometer, Kota Sabang, Pulau Weh, diikuti 500-an pemuda dari berbagai elemen.
Hadir dalam kegiatan ini, Sekda Provinsi Aceh Dermawan, Wali Kota Sabang Zulkifli H. Adam, dan pejabat daerah yang terhimpun dalam Forum Komunikasi Pimpinan Pemerintah Aceh. Wali Kota Sabang Zulkifli.
Merajut Indonesia adalah program Kemenpora yang khusus dirancang untuk membangkitkan kembali kesadaran generasi muda terhadap nilai-nilai kebangsaan dan cinta Tanah Air. ”Merajut Indonesia tidak hanya dirancang menjadi program bersama lintas kedeputian dan keasdepan di Kemenpora, tetapi juga lintas kementerian/lembaga dengan dukungan pemerintah daerah dan elemen pemuda,” kata Menpora Roy Suryo.
Merajut Indonesia yang mengusung tema Bakti Pemuda: Beraksi untuk Negeri, Menegakkan NKRI, diselenggarakan di lima lokasi di sepanjang tahun 2013. Program diawali pada 20 Mei 2013 di Miangas, Sulawesi Utara, dengan mengambil momentum Hari Kebangkitan Nasional. Selanjutnya, program dilaksanakan berturut-turut di Rote, Nusa Tenggara Timur (27 Juni 2013), Samarinda, Kalimantan Timur (28 Oktober 2013, berbarengan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda), Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam (5 November 2013), dan terakhir di Merauke, Papua (awal Desember 2013). 
Empat dari lima lokasi Merajut Indonesia: Sabang, Merauke, Miangas dan Rote, dikenal sebagai simbol NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sekaligus titik terdepan wilayah Indonesia. ”Di setiap titik, kami bergabung dengan pemuda-pemuda di wilayah perbatasan untuk melakukan serangkaian aksi konkret dalam kerangka bakti pemuda,” tegas Menpora.
Khusus menyangkut program Merajut Indonesia di Sabang, Menpora menggarisbawahi besarnya kontribusi masyarakat Aceh pada masa-masa awal kemerdekaan Indonesia. "Sejarah mencatat, betapa besar peran dan dukungan masyarakat Aceh dalam mempertahankan republik dari berbagai ancaman tak lama setelah Soekarno-Hatta memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia," ujar Roy Suryo.
Selain pemancangan bendera Merah Putih dan pembacaan Ikrar Pemuda di Kilometer 0, kegiatan Merajut Indonesia di Sabang juga disemarakkan dengan perkemahan pemuda yang diikuti ratusan pramuka penegak dan perwakilan ormas pemuda, pentas seni kreativitas pemuda di Sabang Fair, lomba olahraga antar-satuan pendidikan dan tes kebugaran jasmani. Juga ada bersih pantai yang merupakan wujud kepedulian pemuda terhadap lingkungan.***(amr)
Foto : Menpora Roy Suryo hari Selasa (5/11) petang memimpin pemancangan 1.000 bendera Merah Putih di Sabang, Aceh. (foto: bagus/kemenpora.go.id)