Iklan

Mobil Benz Pertama Indonesia dari Belanda Akan Dipulangkan Roy Suryo

Bandung - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Roy Suryo mengaku bahwa selama ini dirinya berjuang menemukan mobil Benz - sebelum melebur dengan Mercedes - yang pertama yang pernah dimiliki Indonesia dan akhirnya upayanya itu berhasil.

"Mobil itu berada di satu tempat di Belanda. Saya akan perjuangkan agar mobil itu bisa dibawa pulang ke Indonesia," kata Roy dalam acara Jambore Nasional Mercedes Benz Club Indonesia di Bandung, Sabtu (23/11).

Roy, yang juga pemilik dan penggemar Mercedes Benz, tidak merinci di mana tepatnya mobil itu berada dan siapa pemiliknya.

"Saya harap Mercedes Benz Indonesia bisa membantu memulangkan mobil itu. Insya Allah, mobil pertama di Indonesia itu akan bisa pulang kembali ke Indonesia," kata Roy di depan presiden dan CEO Mercedes Benz Indonesia Claus Weidner.

Mobil dimaksud adalah Benz Phaeton buatan 1894 yang dibeli oleh Sri Susuhunan Paku Buwono X, sunan Surakarta ketika itu.

Pembelian mobil yang masih menggunakan ban kayu itu membuat Indonesia mendahului Belanda dua tahun lebih awal dalam memiliki merk yang sekarang bernama Mercedes Benz.

"Kita harus bangga bahwa mobil pertama yang masuk ke Indonesia adalah Mercedes Benz," kata Roy dalam kapasitasnya sebagai anggota kehormatan klub pemilik mobil premium ini.

"Dulu jumlah mobil Mercedes Benz di Indonesia lebih banyak daripada di Jerman atau Belanda. Jumlah mobil Mercedes di sini lebih banyak dari negara asalnya," kata Roy tanpa menyebutkan angka.
Sumber : Beritasatu