Iklan

Pawai Taaruf Warnai Tahun Baru Islam

IDI- ACEH TIMUR | Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dan Majelis Ulama Nanggroe Aceh (MUNA) setempat memeriahkan Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah yang jatuh 1 Muharam, Selasa (5/11) mulai pagi hingga petang hari , bahkan sebelumnya Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) menyeru umat Islam disana untuk melaksanakan do'a bersama pada malam hari menjelang kedatangan Tahun 1435 Hijriyah.

Seperti diketahui, MUNA Aceh Timur yang diketui oleh Tgk.Ahmadi Mustafa, S.Pd.I melaksanakan kegiatan Pawai Taaruf yang dimulai dari halaman Masjid Nurul Izzah Julok hingga ke Birem Bayeun (perbatasan Aceh Timur – Langsa). Sebelum pawai dimulai, kegiatan tersebut diawali dengan tausiah yang disampaikan oleh Tgk. Junaidi dari Aceh Utara. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Aceh Timur Hasballah M. Thaib dan Wakapolres Aceh Timur Kompol Muliadi serta Wakil Ketua MPU Aceh Timur Tgk H Azhar BTM.

Dalam sambutan pelepasan pawai taaruf, Bupati Aceh Timur, Hasballah M. Thaib,  meminta, seluruh umat Islam khususnya di Aceh Timur untuk memanfaatkan momentum Tahun Baru Islam untuk mengintrospeksi diri sebagai wujud perubahan menuju kea rah yang lebih baik, terutama akhlakul karimahnya dan ibadahnya. "Sehingga pada akhirnya momentum 1 Muharam menjadi inspirasi cikal bakal perubahan dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari, baik antara murid dengan guru ataupun antara anak dengan orangtua," sebut Hasballah M.Thaib yang akrap disapa Rocky.

Tak sebatas itu, Bupati Rocky juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan cendikiawan serta alim ulama mendukung visi dan misi pembangunan Aceh Timur ke arah yang lebih baik dimasa yang akan datang. "Mari kita teladani sifat dan sikap Rasulullah SAW yang telah mampu merubah sikap dan prilaku seluruh penduduk dunia, sehingga dakwah menyiarkan Islam sukses ke seluruh pelosok dunia," kata Bupati Rocky.

Sementara itu, Pawai Ta'aruf yang dilaksanakan Pemerintah Aceh Timur dimotori Bagian Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Timur juga dipastikan meriah, Selasa (5/11) petang. Namun para peserta berasal dari sekolah di Aceh Timur yakni SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Berbeda dengan pawai yang diselenggarakan MUNA Aceh Timur, pawai yang melibatkan pelajar ini hanya berjalan kaki mengelilingi Kota Idi. seribuan wali peserta pawai dan masyarakat di Aceh Timur diperkirakan tumpah ruah ke lokasi acara pawai yang dilepas Bupati Aceh Timur dan dipusatkan di Halaman Pendopo Idi. |d77|