Iklan

Seekor Gajah Jantan Diamankan Warga Seumanah Jaya

RANTO PEUREULAK- ACEH TIMUR| Warga masyarakat Dusun Krueng Tuan, Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur pada, Rabu ( 13/11/13) sekira pukul 06.00 WIB mengamankan seekor gajah jantan tanggung yang masuk kepemukiman warga setempat.

Menurut keterangan warga setempat, gajah tersebut diperkirakan kehilangan kawanannya dan kelaparan sehingga masuk keareal perkebunan masyarakat serta merusak tanaman warga seperti kelapa sawit, coklat serta satu unit rumah warga yang dirusak. Namun, akibat amukan gajah ini dikabarkan tidak ada korban jiwa.

Untuk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan warga menangkap gajah tersebut dengan mengaitkan tali berukuran besar pada kaki gajah dimaksud. Akhirnya gajah itu berhasil diamankan warga karena kondisi gajah ini terlihat lemas.

Hingga berita ini diturunkan seekor gajah jantan tersebut masih diamankan warga dengan diberikan makan.

Masyarakat berharap pemerintah Aceh atau intansi terkait untuk segera mengevakuasi gajah tersebut, karena keberadaan kawanan gajah ini sudah sangat meresahkan masyarakat disana terlebih gajah-gajah itu merusak tanaman pertanian warga yang merupakan penompang bagi perekonomian masyarakat setempat.

Sebelum ada penanganan lebih lanjut dari BKSDA Aceh menangani gajah tersebut, warga merawat gajah jantan itu sebisa mungkin dengan memberikan makan.

Namun, jika tidak ada pihak yang menanganinya belum ada kesepakatan apakah gajah dimaksud nantinya akan dilepaskan kembali kehabitatnya, tetapi warga mengharapkan agar pihak BKSDA bisa menangani hewan besar ini secepatnya.

Camat Ranto Peureulak Zulbahri kepada Wartawan mengatakan, sampai saat ini gajah jantan tersebut masih berada di Seumanah Jaya menunggu sikap dari pihak BKSDA bagaimana penanganan satwa yang dilindungi ini, " terkait hal ini sudah kita laporkan ke BKSDA Aceh Timur," ujarnya .

Namun, dirinya selaku Camat telah menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan hal tidak diinginkan terhadap gajah tersebut, bahkan saya meminta supaya masyarakat untuk melepaskan satwa tersebut ke alam bebas kembali.|d77|
Powered by Telkomsel BlackBerry®