Iklan

Sumur Bor Keluarkan Semburan Gas

SUNGAI RAYA- ACEH TIMUR | Sumor bor milik, Tgk, Abdul Rani (53) Warga Gampong Paya Keutapang, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, mengeluarkan semburan minyak dan gas sehinnga mengejutkan masyarakat setempat.

"Mulanya sumur bor tersebut sudah setahun ditinggalkan setelah dibor sedalam 40 meter karena tidak mengeluarkan air bersih secara maksimal." Kata Usman Muhammad, Keuchik Paya Keutapang, kepada Wartawan, Sabtu 16 November 2013.

Lanjut Keuchik Man, kira-kira seminggu yang lalu pemilik rumah mencoba mengebor lebih dalam lagi untuk mendapatkan air bersih yang memadai, ketika mencapai kedalaman 72 meter secara tiba-tiba dan sempat mengejutkan pekerja yang melakukan pengeboran sumur bor ini yang mengira telah mendapatkan air yang cukup, karena pada saat ini lumpur beserta air terus menyembur kuat dari dasar sumur.

"Karena merasa aneh, pekerja dan warga yang menyaksikan pengeboran sumur bor itu mencium air yang dikeluarkan dan ternyata bercampur dengan minyak dan gas," terang Keuchik Man.

Dia menambahkan, semburan air yang bercampur dengan lumpur itu sempat dibiarkan selama satu hari, kemudian pada hari kedua karena gas yang dikeluarkan tidak berhenti maka dipasangkan pipa besi setinggi tiga meter sebagai corong keluarnya gas yang kemudian ujung pipa itu dibakar sehingga sampai saat ini api dari gas tersebut masih menyala, jelasnya.

Kasus munculnya gas pada sumur bor warga tersebut telah dilaporkan kepada Kecamatan dan Dinas Perindustrian,Perdagangan, Koperasi UKM Kabupaten Aceh Timur, bahkan pihak Disperindagkop sudah turun melihat semburan gas itu.

" Kendatipun demikian, intansi terkait untuk segera turun kembali bersama tim ahli, apabila gas tersebut berbahaya maka secepatnya ditangani jangan dibiarkan begitu saja," harap Keuchik Man lagi. |d77|
Powered by Telkomsel BlackBerry®