Iklan

Wakil Gubernur : 180 Paket Proyek APBA Daftar Merah

Idi - Aceh Timur |180 paket proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2013 masuk dalam daftar catatan merah. Pasalnya tahap penyelesaian pekerjaan rata-rata berkisar antara 10 - 30 persen.

Sementara deadline (batas akhir--red) pekerjaan 15 Desember mendatang. "Secara adat atau logika tidak akan selesai lagi, tapi kita akan berikan penambahan waktu 15 hari untuk rekanan dalam mempersiapkan paket-paket ini," kata Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf yang akrab disapa Mualem kepada wartawan saat meninjau Proyek Jembatan Matang Guru di Kecamatan Madat, Sabtu 16 November 2013.

Mualem menambahkan, 180 dari 5000 paket yang dikerjakan oleh pihak rekanan seluruhnya merah atau bermasalah. Akibat terjadi permasalahan tersebut sehingga dirinya memutuskan meninjau seluruh paket yang bermasalah tersebut diseluruh kabupaten/kota di Aceh. "Dengan meninjau maka kita sudah mengetahui berbagai persoalan di lapangan, sehingga nantinya bisa kita cari solusi dengan tujuan proyek ini semuanya harus selesai, termasuk Jembatang Matang Guru Madat ini," kata Mualem.

Dia menyebutkan, waktu yang hanya sebulan lagi diharapkan benar-benar dimanfaatkan para rekanan untuk bekerja keras dan memaksimalkan waktu untuk menyelesaikan masing-masing proyek. Apalagi pihaknya telah memberikan tambahan waktu hingga akhir Desember mendatang. 

"Jikapun tambahan waktu yang diberikan juga tidak siap, maka kita akan putuskan kontrak seluruh proyek yang bermasalah, namun demikian kita tetap memperhatikan sisi keuntungan bagi masyarakat. Artinya, kita harap rekanan tidak menyia-nyiakan sisa waktu ini," sebut Mualem.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Inspektorat Aceh, Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Syamaun, para perwakilan Kepala SKPA di instansi terkait dan juga para Kepala SKPK terkait di Kabupaten Aceh Timur, Kabag Humas Setdakab Aceh Timur T.Amran, SE dan juga hadir dr. Tawaqal, M.Kes.

Amatan wartawan, kunjungan di Aceh Timur diawali paket proyek Jembatan Matang Guru, Kecamatan Madat. Lalu, Mualem dan rombongan bergerak ke proyek jembatan Blang Mideun, Kecamatan Julok. Selanjutnya, rombongan bergerak ke Gampong Teupin Jareng, Kecamatan Idi Rayeuk. Lalu tim meninjau Gedung Laboratorium di Alue Bu, Kecamatan Peureulak Barat dan selanjutnya tim meninjau Jalan Utama Peureulak - Paya Meuligoe di Kecamatan Peureulak Kota.

Kabag Humas Setdakab Aceh Timur, T. Amran, SE, Senin 18 November 2013 yang dihubungi secara terpisah mengatakan, Kunjungan Kerja (Kunker) Wagub kali ini semata-mata mengevaluasi berbagai paket proyek yang didanai APBA diseluruh Aceh, termasuk Aceh Timur. Tidak hanya Aceh Timur, Wagub bersama rombongan juga meninjau proyek di seluruh kabupaten/kota lain seperti Aceh Utara dan Langsa. |d77|
Powered by Telkomsel BlackBerry®