Iklan

Dewan: Pembangunan Harus Merata

IDI - Aceh Timur-  Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Kabupaten Aceh Timur menyarankan agar eksekutif dalam membangun Aceh Timur harus berpedomani pada azas pemerataan. Sehingga Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) benar-benar pro rakyat.

"Badan Anggaran (Banggar) DPRK Aceh Timur menyetujui atas usulan Rencana APBK yang diusulkan pihak legislatif, namun pembangunan nantinya harus merata ke 24 kecamatan di seluruh wilayah Aceh Timur, lebih-lebih pembangunan yang sifatnya menyentuh langsung dengan masyarakat," kata juru bicara Badan Anggaran DPRK Aceh Timur Zulkifli M. Thaib atau akrap disapa Geuchik Li saat penyampaian Laporan Badan Anggaran Rapat Paripurna II DPRK Aceh Timur di Aula Serbaguna Idi, Selasa (3/11).

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua II Hasanuddin, SE itu dihadiri Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Syamaun dan Sekda Aceh Timur M Ikhsan Ahyat serta para Kepala SKPK dalam jajaran Pemkab Aceh Timur. Jubir Badan Anggaran DPRK Aceh Timur juga menyarankan, agar pihak eksekutif untuk menertibkan manajemen perusahaan perkebunan yang dikelola oleh Pemkab Aceh Timur, sehingga hasil dari perkebunan dapat dirasakan oleh masyarakat melalui pendapatan asli daerah (PAD).

Ketua Fraksi Partai Aceh (PA) DPRK Aceh Timur Maimun Idris, SE usai Rapat Paripurna II Pendapat Badan Anggaran DPRK Aceh Timur mengharapkan, pembahasan R-APBK segera selesai dan awal Januari 2014 sudah bisa dilakukan pencairan anggaran sesuai dengan kebutuhan oleh pihak eksekutif dan SKPK terkait. Begitu juga dengan pelelangan sudah bisa dilakukan diawal tahun 2014, sehingga pekerjaan sebuah proyek fisik bisa berjalan sebagaimana ketentuan. "Kita akan terus bahas R-APBK ini hingga menjadi APBK 2014, karena ini tugas dan tanggungjawab kita selaku wakil rakyat dalam mengesahkan anggaran," kata Maimun yang akrap disapa Stokhom itu.

Dihari yang sama sekira pukul 13:45 Wib, DPRK Aceh Timur juga menggelar Rapat Paripurna III dalam rangka penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap Rencangan APBK Aceh Timur Tahun Anggaran 2014. Rapat yang dipimpin Wakil Ketua I DPRK Aceh Timur Mirnawati dihadiri Sekda Aceh Timur M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP.

Masing-masing fraksi diberikan waktu menyampaikan pendapatnya. Tgk. Kamaruddin mewakili dari Fraksi Partai Aceh dan Muslim mewakili dari Fraksi Partai Demokrat.(d-77)
Powered by Telkomsel BlackBerry®