Iklan

Disinyalir Banyak Masalah Di Perkebunan PTPN I JRU Mulai Tercium Ke Publik

Julok- Aceh Timur- Selama ini Perkebunan PTPN I Julok Rayeuk Utara (JRU) Kecamatan Indra Makmu Kabupaten Aceh Timur disinyalir banyak menuai masalah. Sehingga masalah yang ada di perkebunan tersebut mulai tercium ke publik.
Seperti permasalahan terkait tentang infrastruktur jalan yang rusak parah sehingga mengakibatkan terhambatnya berbagai aktivitas di perkebunan dan jembatan tepatnya di Pondok Afd.VI menghilang dan tidak pernah diperbaiki kembali sehingga beberapa hari yang lalu ketika warga dipemukiman perkebunan itu membawa jenazah ketempat pemakaman terpaksa harus berbasah kuyup masuk kedalam kali serta peti jenazah dinaikkan diatas ban mobil.
Menurut informasi yang diperoleh dari pekerja kebun yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, bahwa satu unit mobil jenis Helen pengangkut buah sawit pada perkebunan JRU terjungkal karena disebabkan jembatan yang ada disana ambruk.
Anehnya? saat wartawan ingin mengkonfirmasi, Sabtu 21 Desember 2013 lalu, terkait berbagai permasalahan yang terjadi di perkebunan yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, pihak Manager JRU, Zainal Abidin, tidak berani memberi komentar apapun. Malahan, Zainal Abidin terkesan menghindar disaat wartawan ingin mencari tau tentang berbagai permasalahan diperkebunan yang dipimpinnya saat ini.
Sementara itu, Geuchik Julok Rayeuk Utara, Sofyan, saat dihubungi secara terpisah, Sabtu (21/12/13) lalu melalui selulernya mengatakan, sangat menyayangkan sikap Manager yang terkesan tidak berani memberikan keterangan terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di JRU.
Hal senada juga disampaikan, Ketua Umum Serikat Petani Aceh Timur (SIPAT), Zulfadli Idris, kepada wartawan, Selasa (24/12/13) menyampaikan, pihak Manager PTPN I JRU agar memahami tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) selaku seorang Manager disebuah perusahaan BUMN.
"Seharusnya Zainal Abidin, bersikap transparan dan akuntabel dalam mengelola perkebunan milik Negara tersebut. Sikap diam merupakan pertanda memiliki rasa ketakutan didalam diri seseorang dan rasa ketakutan adalah sebuah isyarat adanya kesalahan-kesalahan yang diperbuat." Ujar Zulfadli seraya menambahkan Zainal Abidin selaku
Manager Perkebunan BUMN, harus memahami UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. (d- 77)
Powered by Telkomsel BlackBerry®