Iklan

Indikasi Kurupsi Kian Meningkat, Lembaga Monitoring Aceh Akan Membentuk Jaringan

Banda Aceh – Guna menguatkan dan mengevaluasi kinerja pemerintah di Aceh, YARA dan Acheh Future rencanakan penguatan lembaga dengan membentuk jaringan lembaga-lembaga monitoring Aceh.

Menurut Safaruddin hal itu bermaksud, agar dalam memantau juga mengevaluasi kinerja pemerintahan baik ditingkat provinsi maupun ditingkat pemerintahan Kabupaten/Kota bisa mengakses informasi cepat, juga menguatkan informasi dan badan lembaga itu sendiri.

"Membuat jaringan sangat penting bagi lembaga-lembaga non pemerintahan di Aceh, agar menguatkan badan lembaga juga mempercepat infomasi," kata Safaruddin, SH, Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) saat melakukan pertemuan dengan Acheh Future di kantornya, Kamis (05/12).

Upaya tersebut juga bermaksud untuk menumpaskan kezaliman bagi masyarakat oleh tangan-tangan jahil para koruptor yang selama ini dinilai semakin meningkat di Aceh. Tentunya kepada pemerintah di Aceh diharapkan agar merespon pergerakan lembaga-lembaga tersebut demi membangun Aceh. "Kita harapkan pemerintah merespon pergerakan ini, sekaligus melibatkan lembaga-lembaga pemantau sebagai menitoring kinerja pemerintah, alasannya karena lembaga tersebut membidangi," tambah Safaruddin.

YARA dan Acheh Future menyesalkan sikap pemerintah Aceh yang dinggap menyepelekan kepentingan masyarakat, oleh sebab itu, dua lembaga besar ini mengklaim pembangunan stabilitas ekonomi jauh lebih penting dari pada perdebatan prihal Qanun Lambang dan Bendera juga Lembaga Wali Nanggroe Aceh. Dalam hal ini YARA akan terus menerebos lingkungan hukum apakah nasional maupun internasional untuk menyingkapi permasalahan Aceh kedepan ini. "Kita juga sedang berupaya, agar lembaga kita mendapatkan link ke Denhag, Belanda," tukas Safar.

Razali Yusuf ketua pusat Lembaga Acheh Future menuturkan hal yang serupa. Menurutnya, dengan membentuk jaringan lembaga ini, kekuatan lembaga monitoring di Aceh akan lebih nyaman dari kecaman, kuat dan cepat. "Selama ini banyak kasus yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang terabaikan, maka Acheh Future dan YARA merencanakan membentuk jaringan dari lembaga-lembaga swadaya masyarakat, (LSM) Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan Yayasan juga Ormas membentuk link bersama," kata Razali Yusuf.(BL/EN)