Iklan

Ini Dia Nama-nama Kabinet Hasan Tiro Diawal Pembentukan Aceh Merdeka

Lhokseumawe -  Ini dia nama -nama kabinet Hasan Tiro saat pertama gerakan Aceh Merdeka di deklarasikan pada tahun 1976. Senin 2 Desember 2013.

Masing-masing dr Teungku Mochtar Y Hasbi (Majelis Meuntroe merangkap Mendagri dan Menteri Pertahanan Negara Aceh) asal desa Madan Geudong,  dr Muchtar Hasbi, seorang intelektual muda Aceh, yang saat itu masih berumur 35 tahun, ia tewas di Pulau Tiga Kabupaten Aceh Tamiang tahun 1982, setelah tertangkap militer saat menghindar dari kepungan militer dalam misi melebarkan pengaruh Aceh Merdeka. 

Mayatnya dikembalikan ke keluarganya dan dikebumikan di kampung halamannya di Gampong Madan Geudong Aceh Utara. literatur sejarah yang lain juga menyebutkan Muchtar Hasbi adalah Perdana Menteri pertama GAM.

Kemudian dr Zubir Mahmud, saat itu 29 tahun, menjabat sebagai  Menteri Sosial serta Gubernur Wilayah Peureulak ia bersama dr Muktar Hasbi dan dibantu Tengku Ilyas Leubee bahu membahu membangun pengaruh AM dilingkungan masyarakat, sejumlah kader berhasil direkrut diwilayah Peureulak hingga kemudian mereka mampu merancang struktur wilayah GAM di seluruh Aceh. 

Salah satu murid pertama dan masih hidup sampai sekrang adalah Tengku Sanusi Muhammad atau di kalangan GAM dikenal dengan sebutan Abu Sanusi. Sanusi kini berbeda haluan dengan Partai Aceh, ia salah satu anggota Majelis tinggi Partai Nasional Aceh (PNA) bentukan drh,Irwandi Yusuf, Muharram, Muksalmina dan Sofyan Dawood.

dr Zubir Mahmud  tewas ditembak di Gampong Seuneubok  Aceh Pereulak tahun 1980 saat dalam perjalanan mengembangkan GAM dari rumah kerumah. Ia di tembak di sebuah kebun dan kemudian dengan sisa tenaga yang ada ia menuju Meunasah setempat dan setelah berpidato di depan warga, nyawa nya dijemput oleh yang maha kuasa. 

Selain itu, Teungku Haji Ilyas Leube yang menggantikan posisi Muchtar sebagai Perdana Menteri, juga tewas di ujung peluru pada Juli 1982.meninggal. Dr Muktar dikebumikan disamping mesjid desa Pasie Puteh Rantau Panyang Peureulak. 

Tgk H Ilyas Leube (Menteri Keadilan Negara Aceh), dr Husaini Hasan (Sekretaris Negara sekaligus Menteri Pendidikan dan Penerangan), dr Tgk Zaini Abdullah (Menteri Kesehatan), dr Tgk Zubir Mahmud (Menteri Sosial serta Gubernur Wilayah Peureulak), serta Anggota Majelis, Meuntroe Tgk Muhammad Daud Husin (Panglima Angkatan Darat). | AT | RD|
Sumber dikutip acehtraffic.com