Iklan

Kasad Buka Pameran Alutsista Tempur TNI AD Di Kodam V/Brawijaya

Surabaya --  Peresmian pembukaan pameran Alutsista TNI AD oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman ditandai dengan penekanan tombol oleh Kasad didampingi oleh Ibu Kasad Ibu Wanti Budiman. Setelah itu para penari dengan menggunakan pakaian Jember Fashion Carnaval menempatkan diri di pintu masuk Pameran Alutsista untuk mengantar Kasad melaksanakan peninjauan pameran ke tempat Pameran Alutsista TNI AD.

Acara pembukaan Pameran Alutsista Tempur TNI AD ini diawali dengan tarian “Selamat Datang” kreasi Kontemporer dari Karisma Dancer. Yang dilanjutkan dengan Sambutan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.IP. dan sambutan Kasad Jenderal TNI Budiman. Kasad dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pameran Alutsista seperti ini adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI Angkatan Darat kepada masyarakat. Lebih lanjut Kasad menjelaskan bahwa pajak yang dibayarkan oleh rakyat kepda pemerintah lalu kemudian dibelikan alutsista untuk kepntingan pertahanan negara dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Kasad secara resmi membuka acara tersebut tepat pada pukul 15.35 dengan menekan tombol sabagai tanda pameran Alutsista dibuka secara resmi dan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Karya Cipta Teknologi TNI AD berupa Patung, Piagam penghargaan dan uang pembinaan (secara simbolis dalam bentuk steorofom).

Biasanya lapangan Makodam V/Brawijaya biasanya   lengang   kini pada Jumat (13/12-2013) telah dipenuhi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AD. Sejumlah Alutsista yang sudah tergelar disekitar Makodam V Brawija. Alutsista ini yang dipamerkan mulai dari  Tank Leopard, Tank Marder 1A3, 14 Unit Tank Tarantula, 13 Unit Tank AMX 105 mm, 13 Unit Tank Anoa,  2 Unit Tank Panhard, 2 Unit Tank Saladin, 45 Unit Tank Scorpion, 2 Unit Tank Scorpion Non 90, Tank Stormer Komando, Tank Stormer APC, 6 Pucuk Meriam 105 mm/Tarik M101, 6 Pucuk Meriam 105 mm, 12 pucuk Meriam 57 mm, 6 Pucuk Rain Metal 20 mm, 3 Unit Helly Bolco 105, 3 Unit Helly Serbu MI-35 (Rusia), 4 Unit Helly Serbu MI 17 (Rusia), 2 Unit Helly Bell 205 dan 3 Unit Helly Bell 412.

Perlu diketahui bahwa peserta Pameran Alutsista berasal dari kecabangan-kecabangan di TNI AD  seperti kecabangan Infanteri, Kavaleri, Armed, Arhanud, Zeni, Kesehatan, Perhubungan, Perbekalan dan Angkutan, Peralatan, Dittopad, Dispenad, Litbang TNI AD. Kemudian sejumlah Perguruan Tinggi ikut ambil bagian dalam pemeran ini seperti  Institut Teknologi Surabaya/ITS, Intitut Teknologi Nasional (ITN), Universitas Pembangunan Nasional (UPN).

TNI AD menyelenggarakan Pameran Alutsista dan Industri Strategis Berskala Nasional mulai hari Jum’at (13/12) sampai dengan tanggal 17 Desember 2013.  Pameran ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke 68 dan Hari Ulang Tahun ke-65 Kodam V/Brawijaya tahun 2013. Setelah acara pembukaan Kasad Jenderal TNI Budiman melanjutkan kunjungan ke stand-stand di dampingi Gubernur Jawa Timur Sukarwo Kapolda Jawa Timur dan para pejabat teras Angkatan Darat.

Selesai berkeliling mengunjungi stand pameran, Kasad Jenderal TNI Budiman melanjutkan kegiatan konferensi pers kepada sejumlah media cetak dan elektronik tentang maksud diadakannya pameran Alutsista yang dipusatkan di Surabaya, Jawa Timur. Kegitan jumpa pers selesai Kasad menyempatkan diri bertemu dengan pasukan yang akan ikut dalam defile  yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (15/12-13) sebagai puncak peringatan Hari Juang Kartika ke 68 tahun 2013 di Kodam V/ Brawijaya (red)