Iklan

Kasal Cek Kesiapan Akhir Harnus 2013  

Palu -- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio melakukan pengecekan akhir kesiapan dari seluruh kapal perang, prajurit, maupun lokasi yang akan digunakan sebagai tempat berlangsungnya puncak peringatan Hari Nusantara (Harnus) 2013, di Anjungan Pantai Talise, Palu, Sulteng, Sabtu sore (14/12/2013).

Kasal hadir di Palu dengan menggunakan pesawat CN-235 nomor P-860 milik TNI Angkatan Laut, didampingi Asops Kasal Laksda TNI Didit Herdiawan, M. P.A., Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono, S.H., M. Hum., Komandan Guspurla Armabar Laksma TNI Dr. A. Octavian, serta Sespri Kasal Letkol Laut (KH) Ali Ridlo.

Kedatangan Laksamana TNI Dr. Marsetio dan rombongan diterima secara langsung oleh Paban 2 Ops Sopsal Kolonel Laut (P) Didik Setiono, Paban 4 Duk Ops Sopsal Kolonel Mar Ketut Suarya, Komandan Lanal Palu Kolonel Laut (P) Ferry Supriady, S.T., dan Pabanda Ops Har Sopsal Mayor Laut (P) Erfan Indra Darmawan.

Setibanya di vip room Bandara Mutiara, Palu, Kasal beserta rombongan disambut Gubernur AAL Laksda TNI INGN Ary Atmaja, S.E., Kadispotmar Laksma TNI Kingkin Suroso, serta Komandan Lantamal Vl Makassar Laksma TNI Arie Soedewo.

Dalam kunjungan tersebut, orang nomor satu di Angkatan Laut ini memeriksa lokasi yang akan digunakan sebagai tempat berlangsungnya puncak peringatan Harnus 2013, dilanjutkan memeriksa KRI Surabaya yang sedang sandar di dermaga Lanal, Watusampu, Palu, Sulteng.

Saat berada di atas geladak kapal perang bernomor lambung 591, Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio langsung menyapa dan menyalami seluruh Komandan KRI yang akan terlibat dalam kegiatan demo Sailing Pass termasuk Komandan Batalyon Taifib-1 Korps Marinir Letkol Mar Edy Cahyanto yang akan memimpin para prajuritnya dalam melaksanakan terjun payung, turut memeriahkan puncak peringatan Harnus 2013.

Pada kesempatan tersebut, Kasal menerima paparan tentang kegiatan yang sudah dilakukan serta kesiapan jajaran TNI Angkatan Laut dalam rangka menyemarakkan hari bersejarah tersebut, diantaranya unsur-unsur kapal perang yang terlibat dalam Sailing Pass, yaitu: 1 unit kapal kelas Van Speijk (VS), 1 unit kelas Sigma, 1 Landing Platform Dock (LPD), 2 Kapal Cepat Rudal (KCR), 5 Fast Patrol Boat (FPB), dan 2 Patroli Cepat (PC).

Setelah menerima paparan, Kasal memberikan dorongan semangat kepada seluruh Komandan KRI yang akan melaksanakan Sailing Pass.  "Kepada para Komandan KRI, saya minta agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Saya yakin kalian semua akan mampu melaksanakan tugas ini dengan baik. Tugas yang kalian laksanakan adalah demi nama baik bangsa Indonesia", tegas Kasal.

Mengakhiri kunjungannya, Kasal menyempatkan diri untuk menyalami sejumlah masyarakat yang sedang memadati geladak KRI Surabaya-591, bahkan orang nomor satu di jajaran TNI Angkatan Laut ini sempat menggendong seorang balita yang sebelumnya telah digendong orangtuanya.

Authentikasi :
Perwira Penerangan Hari Nusantara 2013, Kapten Mar Mardiono