Iklan

Kembalikan Kawasan Hijau Kota, Pemko Lhokseumawe Galang Forum Komunitas Hijau

Lhokseumawe- Pemerintah Kota Lhokseumawe menggalang forum Komunitas Hijau (FKH) guna mengembalikan kawasan hijau yang kini berubah fungsi menjadi lahan pemukiman padat penduduk. Empat kawasan yang akan di restrorasi (di hijaukan kembali) meliputi, pemukiman Pusong, Blang Panyang, kemukiman Kandang,  dan Pulau Semadu.

Hal tersebut disampaikan Walikota Lhokseumawe dalam sambutannya yang diwakili Assisten II, Drs. M.Rizal pada acara penggalangan kota hijau yang dipusatkan di waduk Kota Lhokseumawe Minggu, (15/12).

M.Rizal menjelaskan, Program mengembalikan kawasan hijau yang kini berubah fungsi, menjadi program jangka panjang pemerintah kota pada ahkirnya, mendatangkan keutungan bagi masyarakat. Khususnya dalam pemamfataan kawasan oleh sejumlah komunitas. Salah satunya di sektor pariwisata lokal.  

Terkait Hal itu, pemko menaruh dukungan kepada semua komunitas yang bergabung dalam FKH untuk bersama-sama menjalankan program aksi nyata dan saling bertanggung jawab mengembalikan kawasan hijau kota Lhokseumawe.

Sementara itu ketua FKH kota Lhokseumawe Hepi Yuhaimi.ST menjelaskan, bebarapa titik sentral program penggalangan penghijauan itu menjadi tolok ukur meliputi kasawan Pusong, diarahkan ke waduk Kota Lhokseumawe.  Untuk Gampong Blang Panyang titiknya pada gua peninggalan Jepang, sedangkan di kawasan pemukiman kandang di titik beratnya pada kawasan lahan kosong. Sedangkan pada Kecamatan Muara Satu akan dikembangkan pada pulau Semadu. Ungkap Hepi Yuhaimi seraya menambahkan ke empat kawasan itu akan ditanami sebanyak 2 ribu bibit pohon.

"Selain program kawasan hijau kota Lhokseumawe, sejumlah komunitas yang tergabung dalam FKH membangun sentra ekonomi baru masyarakat." Kegiatan penghijauan yang berlangsung tersebut ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Assisten II meliputi bibit pohon Cendana, Kupula Aceh, Keutapang, Jeumpa dan Tiara Payung." Demikian pungkas Yuhaimi (on-84-85).

 

 





Powered by Telkomsel BlackBerry®