Iklan

Rp 1 Juta Raib, Pemesanan Barang Lewat PIN BB Tak Dikenal.

Ilustrasi
Aceh Timur- Smartphone atau telepon pintar baik jenis blackberry maupun Android dewasa ini sering banyak disalahgunakan pemakaiannya. Untuk itu supaya dapat berhati- hati dalam hal pemesanan barang jenis apapun. Seperti baru- baru ini terjadi dengan modus  nomor PIN Blackberry 2664335A yang diberi nama Nagoya Ol Shop.  Diduga melakukan penipuan melalui Online Blackberry khususnya kontak. Diperkirakan, kini Nagoya Ol Shop sedang mengincar konsumen kamera digital.

Kamera yang ditawarkan dari berbagai jenis seperti Nikon D90, D80, D70 dan juga merek kamera Canon DSLR EOS 1100D dengan harga Rp2.500.000 per unit. "Awalnya saya tidak curiga dengan menerima (menginvate) teman baru masuk ke kontak Blackberry saya, karena selama sebulan lebih tidak saling berkomunikasi," kata M. Ishak, salah seorang warga Aceh Timur yang mengaku menjadi korban penipuan PIN Blackberry 2664335A senilai Rp. 1 Juta kepada wartawan,  Kamis (5/12/13).

M. Ishak mengisahkan, seminggu yang lalu membaca status di DP Profil Nagoya Ol Shop, yang mana harga sejumlah kamera digital yang ditawarkan lumayan murah dibandingkan dengan harga ditempat lain. Namun karena keberadaan toko Nagoya Ol Shop di Batam, Kepulauan Riau maka tidak mencurigakan, sebab kabarnya di Batam banyak alat-alat elektronik dan kamera bekas yang dipasarkan dengan harga dibawah rata-rata.

" Namun setelah berkomunikasi melalui Blackberry massenger saya berminat untuk membeli sebuah kamera Digital yang jenisnya D90 dengan harga Rp. 4.600.000 per unit. Kemudian Nagoya Ol Shop meminta saya mengirimkan uang Rp2.300.000 atau 50 persen dari harga total. Tapi yang saya kirim hanya Rp1.000.000 saja dengan catatan setelah barang sampai di Aceh Timur akan saya lunasi sisanya," kisah M. Ishak yang hobinya foto-foto.

Dia mengaku telah mengirimkan uang dengan menggunakan SMS Banking melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada Rabu 04 Desember 2013 Pukul 12:20 Wib dengan nomor rekening tujuan pengiriman 147-4550000670 An.Bahari Jaya. "Setelah dipastikan uangnya sudah masuk Rp1 juta, lalu dia minta kirim  Rp1,3 Juta lagi dengan alasan barang tidak diizinkan untuk dikirim oleh managernya, karena DP belum 50 persen. Bahkan dia mengaku dimarahi sama managernya. Tapi saya tidak kirim sisanya dan setelah itu dia tidak membalas lagi Blacberry massengernya," sambung M. Ishak lagi.

Setelah dua jam pesan singkat yang dikirim via Blackberry tidak dibalas, lalu M. Ishak mengaku meminta bantu ke familinya yang bekerja di Batam untuk melakukan pengecekan keberadaan toko yang disebutkan Nagoya Ol Shop yang alamatnya disebutkan di Jalan Teuku Umar, Mall Nagoya Hill, Lantai Dasar Blok LG Nomor 11, Batam, Kepulauan Riau. "Setelah didatangi ternyata alamat yang diberikan tidak ada yang namanya Bapak Bahari Jaya dan toko yang menjual berbagai jenis alat-alat elektronik itu tidak pernah menjual barang melalui Online," sebut M. Ishak.

Hingga siang, komunikasi melalui sarana Blackberry yang dikirim M. Ishak belum dibalas. Ketika disinggung apakah kasus penipuan tersebut akan dilaporkan ke pihak berwenang, M. Ishak mengatakan tidak melaporkannya, namun dia berharap masyarakat Aceh untuk hati-hati menginvate PIN Blackberry dari teman yang tidak dikenalinya. "Jangan mudah percaya dengan iming-iming barang murah yang ditawarkannya. Cukup saya yang menjadi korban penipuan seperti ini," tandas M. Ishak dengan nada sedih. (d- 77)