Iklan

Saluran Pembuang Tersumbat, Ratusan Hektar Sawah Warga di Genangi Air Banjir

Aceh Utara - Akibat saluran pembuang sepanjang 6 KM tersumbat membuat warga masyarakat Desa Lueng bata , Ujong Dama, dan Monsukon Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara mengalami kerugian ratusan juta.

Hal ini di karenakan meluapnya air pada saluran pembuang yang mengakibatkan banjir sehingga ratusan hektar areal persawahan warga di beberapa desa tergenang banjir. Namun bukan hanya areal persawahan saja yang digenangi air banjir bahkan beberapa rumah warga disana juga ikut tergenang air banjir.

Menurut informasi dan pantauan yang diperoleh media ini dilokasi, Sabtu ( 7/12/13) yang mana semua itu diakibatkan karena saluran pembuang yang sudah semak dan kotor sehingga air tidak bisa mengalir dengan normal dan mengakibatkan air meluap kemana-mana termasuk ke areal persawahan warga.

Sementara menurut M.Yusuf warga desa setempat mengatakan, setiap tahunnya saat musim hujan tiba kami selalu mengalami kerugian besar dikarenakan areal persawahan selalu digenangi air banjir.

Penyebabnya karena saluran pembuang yang ada di desa kami tidak pernah di bersihkan," pada hal pada tahun 2012 lalu, saluran pembuang tersebut sudah pernah di survei untuk dilakukan pembersihan, tapi sampai dengan sekarang saluran tersebut tidak pernah di bersihkan," pungkas M. Yusuf seraya menambahkan agar pemerintah setempat untuk segera mengatasi masalah tersebut karena setiap tahunnya warga disana mengalami kerugian besar tapi pada tahun 2013 ini kerugian yang dialami warga lebih besar lagi. (Iroel)
Powered by Telkomsel BlackBerry®