Iklan

SBY dan Pakde Karwo Kunjungi Pameran Kerajinan Sumenep

beritalima.com, Presiden RI, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono kembali melaksanakan kunjungan kerja di Jawa Timur. Kali ini, pria yang akrab dengan sapaan "SBY" itu mengunjungi Pulau Madura, Rabu (4/12).
     Setelah mengunjungi Kabupaten Sampang, SBY yang didampingi Ibu Ani Yudhoyono, rombongan Menteri dan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo melanjutkan perjalanan menuju ke Kabupaten Sumenep, tepatnya Gedung Adi Poday yang terletak di Jl. Trunojoyo 218, Sumenep.
        Tepat pukul 16.30, SBY beserta rombongan tiba di lokasi. Turut mendampingi diantaranya adalah Menteri BUMN, Dahlan Iskan, Mendikbud, M. Nuh, Menteri Agama RI, Surya Dharma Ali, Menteri Perdagangan, Marie Elka Pangestu, Menteri Dalam Negeri RI, Gamawan Fauzi, Menko Kesra RI, Agung Laksono dan beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II lainnya.
Kedatangan orang nomor 1 di negara ini disambut tari keris yang merupakan tarian tradisional asli Sumenep. Masyarakat juga sangat antusias menyambut kedatangan SBY. Tak henti-hentinya mereka meneriakkan nama SBY dan Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim. Antusiasme warga tersebut mendapat balasan yang tak kalah hangat dari SBY. "Assalamualaikum.. apa kabar masyarakat Sumenep.." sapanya.
Setelah menyapa masyarakat, SBY beserta rombongan memasuki Gedung Adi Poday. Di dalam Gedung tersebut, SBY melihat pameran kebudayaan dan kerajinan Sumenep. Diantaranya, Joglo, keris, dan batik tulis. SBY juga turut menyaksikan secara langsung proses pembuatan keris dan batik tulis.
    Presiden SBY mengaku terkesan dengan salah satu produk kerajinan karya mahasiswa Universitas Wiraraja Sumenep. Kerajinan tersebut menggunakan bahan berupa daun sepatu yang telah dihaluskan dan ditempel kepada berbagai macam handicraft, seperti kotak tisu, vas, dan lain-lain. "Ini sangat kreatif, semoga ke depan semakin bagus lagi karyanya" tuturnya.
    Pameran tersebut juga menampilkan stand dari berbagai SKPD Sumenep. Seperti Dinas Pendidikan yang memamerkan kreasi motor berbahan bakar gas, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang memamerkan foto-foto berbagai lokasi wisata di Sumenep, dan stan-stan milik BUMD, Bank UMKM, dan UKM di Sumenep.
    Setelah mengunjungi pameran, SBY dan Pakde Karwo  juga  mengunjungi produk ternak unggulan Sumenep. Yaitu Sapi Kerapan dan Domba Sapudi. Rangkaian kunjungan SBY dan Pakde Karwo diakhiri tepat pukul 17.00. (Rudy/Adit/Wem)