Iklan

Sektor Lain Masih Mendesak,Pembangunan Kantor Bupati Ketapang Mirip Pentagon Akan Segera Dimulai

KETAPANG- Rencana pembangunan Kantor Bupati Ketapang yang mirip Pentagon tinggal menunggu waktu saja,pro dan kontra di kalangan masyarakat daerah ini semakin menghangat,baik dari kalangan kelas atas maupun masyarakat akar rumput,yang dipersoalkan mereka tidak lain dan tidak bukan,apakah pembangunan baru gedung Kantor Bupati itu merupakan sebuah prioritas yang tidak boleh tidak harus dilaksanakan,sementara masih banyak sektor lain yang sangat mendesk untuk segera dibenahi,seperti sarana transportasi jalan yang saat ini masih hancur dan menghambat arus lalulintas perekonomian masyarakat,terutama bagi masyarakat yang berada di pedalaman,dan pesisir,dan kondisi jalan dalam kotapun saat ini masih belum baik,apalagi saluran air yang tidak normal sehingga ketika hujan sebagian besar menggenangi jalan. Demikian juga,hingga saat ini masih banyak masyarakat Kabupaten Ketapang mengkonsumsi air hujan,dikarenakan sarana air bersih belum tersedia sepenuhnya,sehingga untuk memenuhi kebutuhan untuk mandi dan cuci tak jarang mereka menggunakan air sumur yang keruh dan kuning,bahkan berbau,pada hal Ketapang dikelilingi oleh air. Meski Perusahaan Daerah Air Minum ada namun belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih,ditambah lagi hingga berita ini ditayangkan "Mega Proyek Air Bersih" di Pangkalan Tapang belum juga berfungsi.

Dari sejumlah kalangan yang menyampaikan uneg-unegnya itu kepada Lembaga Kantor Berita Kalimantan menyatakan bahwa,ada baiknya rencana pembangunan Kantor Bupati Ketapang itu ditinjau kembali,karena untuk saat sekarang bukan merupakan prioritas.Yang terbaik itu adalah bagaimana membenahi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Pemkab Ketapang itu sendiri,agar lebih baik lagi memberikan pelayanan kepada masyarakat,bukan gedung megah yang harus didahulukan.

Ada satu hal yang menarik,ketika rencana pembangunan Kantor Bupati Ketapang yang katanya mirip Pentagon itu jadi dilaksanakan,maka kantor lama akan dimusnahkan,tentu persoalan ini perlu dipertimbangkan kembali,sebab berdasarkan pengamatan bahwa Kantor Bupati Ketapang yang ada sekarang kondisinya sangat baik,hanya tinggal pemeliharaannya saja yang harus rutin. Dan lagi kalau bangunan lama dimusnahkan berapa milyar lagi uang negara yang hilang begitu saja.

Kalaupun akan dibangun gedung baru yang mirip Pentagon itu,ada baiknya dicari lokasi lain yang luas seperti misalnya ke arah pengembangan kota,sehingga tidak ada rasa iri dari masyarakat yang sangat sedikit tersentuh pembangunan oleh Pemkab Ketapang,sementara gedung lama dapat dimanfaatkan SKPD yang belum memiliki gedung kantor.

Sementara itu menurut Drs.Ismed Iswadi sebaiknya rencana pembangunan gedung Kantor Bupati Ketapang yang baru itu diseminarkan terlebih dahulu,sekaligus sebagai publikasi kepada masyarakat.

“Karena Kantor Bupati merupakan representasi daerah dari aspek budaya dan estetikanya,aspek tehnis dengan orientasi Pemda jadi orang modern yang efisien dan efektif sebagai public service yang prima,” ungkap Ismed

Selanjutnya kata Ismed,sebagai wacana oke-oke saja,untuk pelaksanaan pembangunannya nanti dulu,dan itu perlu kajian urgensinya dan skala prioritas daerah.

Seperti diberitakan sebelumnya,bahwa memasuki usia 30 tahun gedung bangunan Kantor Bupati Ketapang akan dibangun dengan wajah baru mirip Pentagon yang representative guna untuk meningkatkan kinerja pada Kantor Pemerintahan.

Pembiayaan pembangunan Kantor Bupati Ketapang ini akan menyedot anggaran mulai Rp. 50 Milyar hingga Rp. 98 Milyar.

"Pada tahun 2013 sudah di anggarkan pembangunan kantor Bupati yang baru, harapan sebelum masa jabatan Bupati Ketapang berakhir pembangunan kantor sudah selesai," kata mantan Sekda Drs.H.Andi Djamiruddin,M.Si ketika masih aktif sebagai Sekda dalam sebuah rapat terbatas yang dihadiri sejumlah pejabat terkait di Pemkab Ketapang,pertengahan September 2013 lalu.***(H/LKBK)


Keterangan Gambar : Kondisi Gedung Kantor Bupati Ketapang Kalimantan Barat saat ini,dan beginilah ilustrasi Gedung Kantor Bupati Ketapang mirip Pentagon yang akan dibangun nantiDan Foto Drs.Ismed Iswadi***(doc.lkbk/istimewa)