Iklan

Dekranasda Aceh Timur, Gelar Pelatihan Anyaman Tikar Pandan

Aceh Timur - Dewan Kerajinan Daerah Aceh Timur, kembali mengelar pelatihan anyaman tikar pandan. Salahsatu desa yang dikenal sebagai sentra kerajinan anyaman pandan yaitu, Desa Matang Gleum, Kecamatan Peureulak.
Desa Matang Gleum sebelumnya sudah ditetapkan sebagai juara I Kategori Gampong Kerajinan dan Produk Inovatif pada Rakerda Dekranasda Se-Aceh Okteber lalu. maka dari itu Dekranasda Aceh Timur harus mencari gampong lain untuk dipersiapkan sebagai gampong kerajinan selanjutnya.
Hal ini disampaikan, Ketua Dekranasda Aceh Timur, Ny. Fitriani D Hasballah melalui Sekretarisnya Dra. Rudy Widiasih pada Acara Pembukaan Pelatihan Anyaman Tikar Pandan bertempat di Balai Gampong Alue Dua Muko O, Kecamatan Idi Rayeuk, senin (20/1).
Terpilihnya Gampong Alue Muka O sebagai gampong kerajinan di Aceh Timur menurut salah satu pengurus Dekranasda Aceh Timur, Cut Bidasari karena dari amatan pengurus di gampong itu banyak terdapat perajin anyaman tikar pandan dari dulu dan hasilnya juga bagus, " kami telah melihat hasil kerajinan anyaman tikar pandan yang dikerjakan oleh kaum perempuan di gampong ini dan hasilnya sudah cukup bagus serta di dukung oleh sumber daya alam sehingga berpotensi untuk dikembangkan," jelasnya seraya mengatakan tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas, mutu dan mengembangkan kerajinan yang telah dikerjakan oleh kaum perempuan di gampong tersebut
Sementara itu Camat Idi Rayeuk, Drs. Fakhrurrazi mengatakan, dengan dipilihnya Gampong Alue Muka O sebagai gampong kerajinan tidak salah karena di gampong tersebut banyak sumber daya alam yang mendukung kerajianan anyaman tikar pandan, " di gampong ini banyak terdapat bahan baku untuk membuat anyaman tikar pandan dan perajinannya dari dulu sudah ada, dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi, mutu, motif dan variasi lain sehingga akhirnya dapat mempromosikan daerah dan diharapkan kepada Dekranasda Aceh Timur untuk dapat membantu pemasarannya dengan demikian nanti dapat menunjang perekonomian warga" ujar, Fakhrurrazi Camat Idi Rayeuk. (d- 77)

 
Powered by Telkomsel BlackBerry®