Iklan

Baitul Mal Aceh Timur  Gelar Sosialisasi ZIS  

Aceh Timur- Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur kembali menggelar sosialisasi Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) bagi bendahara Satuan Perangkat Kerja Kabupaten (SKPK) dilingkungan Pemerintahan setempat yang dinilai belum maksimal dalam menyetorkan ZIS.  

Kepala Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur Tgk. H. M. Iqbal Hanafiah MA seusai membuka kegiatan sosialisasi tersebut yang dilaksanakan diaula BKPP, Kamis (27/2) mengatakan, adapun peserta dalam sosialisasi ZIS dimaksud yaitu sebanyak 50 orang bendahara yang meliputi bendahara SKPK, Kecamatan dan bendahara sekolah diwilayah Aceh Timur.

" Namun, sosialisasi kali ini lebih spesifik kepada instansi yang belum maksimal dalam penyetoran ZIS melalui Baitul Mal sebagai lembaga formal yang telah dibentuk pemerintah," ungkap Iqbal Hanafiah seraya mengatakan, dimana zakat memberikan landasan tumbuh dan berkembangnya kekuatan sosial ekonomi dalam kehidupan umat islam ditengah-tengah masyarakat.

Disampaikannya, bahwa Baitul Mal selalu membuka diri untuk menerima masukan-masukan yang bersifat membangun dalam pengelolaan ZIS di Kabupaten Aceh Timur, karena Baitul Mal mempunyai fungsi antara lain melakukan sosialisasi, mengumpulkan dan menyalurkan ZIS sesuai dengan ketentuan syariah.

" Jadi, sosialisasi yang kita laksanakan satu hari penuh ini meruapakan bagian dari implementasi fungsi Baitul Mal," pungkas M.Iqbal seraya menghibau dan mengharapkan kepada para peserta untuk dapat mengikuti sosialisasi ZIS dengan sebaik-baiknya sehingga bisa lebih paham terhadap ZIS itu sendiri terutama dalam menunaikan zakat.

Oleh karena itu, dirinya juga meminta kepada intansi pemerintah yang belum maksimal dalam penyetoran ZIS, untuk kedepannya agar bisa mengoptimalkannya. " Keberadaan ZIS tidak lain adalah untuk membantu saudara kita yang fakir miskin," jelas Iqbal Hanafiah.

Adapun pematerinya yakni Drs. Ibrahim Daud Dewan Pembina Baitul Mal Kota Langsa, Drs. M.Nasir M,Hum dari Universitas Samudra Langsa serta unsur dayah diwakili Abi Nawawi Idi Cut. (d- 77)
Powered by Telkomsel BlackBerry®