Iklan

Ini Pesan Raffly Kande : Ruh ke-Acehan Itu Penting

Aceh Timur - Selama ini, saya konsentrasi pada pesan-pesan perdamaian yang sudah berlangsung selama 14 tahun. Dimana kita harapkan demokrasi ini bisa berjalan dengan kearifan, berjalan dengan tenang dan damai.

Demikian dikatakan Raffly Kande Caleg DPD RI kepada wartawan, Rabu (26/2/14) usai menggelar Syiar dan Syair Damai bersama Raflly Kande di Gampong Tanjung Tualang, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur.

Lebih lanjut, katanya tidak ada cara lain selain menciptakan suasana yang aman dan damai, semua pihak harus merasa untuk menyebarkan salam ya salam demi menjaga perdamaian Aceh.

"Saya mencalonkan diri menjadi caleg DPD RI, secara keseluruhan saya ingin menjadi perekat seluruh potensi Aceh yang ada. Saya ingin secara keseluruhan untuk menjadi perekat dan peusaboh hatee," kata Raffly.

Saya juga ingin bercerita tentang Aceh melalui bahasa-bahasa budaya, karena menurut saya rekonsilliasi politik tanpa dibarengi dengan rekonsiliasi budaya hanya akan menyisakan kekerasan hati. Tapi apabila rekonsiliasi batin dari yang paling dalam maka kita akan rindu.

"Saya ingin katakan kalau ada 13 anggota DPR RI dan 4 anggota DPD RI yang terpilih disana, maka kita harus bersatu betul untuk masyarakat Aceh secara keseluruhan. Namun secara khusus ingin saya katakan bahwa saya ingin terlibat langsung dalam pengambilan kebijakan-kebijakan nasional tentang pembangunan seni budaya di Aceh secara keseluruhan. Karena dalam seni juga harus ada SOP (Standar Operational Prosedur), seperti apa berkesenian yang baik dan seperti apa berkesenian yang diridhoi Allah," terangnya.

"Saya juga ingin katakan tidak ada pembatasan dalam berkesenian. Namun kita juga harus paham bagaimana kita mengembangkan seni dan masuk dalam ruh ke-Acehan. Ruh ke-Acehan itu penting, jangan sesuka hati kita di Aceh. Aceh saat ini dalam kontek ke-Islaman "Rahmatan Lil Alamin", demikian pungkas Raffly Kande. (d- 77)
Powered by Telkomsel BlackBerry®