Iklan

Kadis Disperindagkop Aceh Utara : 'Waspadai Ikan Berformalin'

Aceh Utara- Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Aceh Utara, Arifin, menghimbau kepada semua pedagang ikan agar tidak memakai formalin sebagai bahan pengawet dagangannya .

" Penggunaan formalin pada ikan dapat berdampak buruk jika dikonsumsi. Hampir 40 persen ikan basah dan ikan asin yang dijual di Kabupaten setempat terindikasi mengandung formalin. Padahal, itu merupakan racun dan tidak boleh dikonsumsi," ujar Arifin, kepada wartawan, Kamis (20/2/2014)

Namun saat disinggung kenapa hal ini masih terjadi. Menurut Arifin, karena selama ini sosialisasinya masih sangat kurang terkait permasalahan tersebut.

" Pihaknya akan segera menurunkan tim untuk mensosialisasikan dampak buruk penggunaan formalin pada makanan, khususnya ikan. Dengan tujuan agar para pembeli lebih jeli dan tidak membeli ikan yang berformalin." Demikian pungkas Arifin, seraya menambahkan, ikan yang telah diberi formalin salah satu ciri-cirinya akan dijauhi lalat dan kelihatan segar dan bersih. (Iroel)