Iklan

MPU Aceh Gelar Muzakarah Keagamaan Di Aceh Timur

Aceh Timur- Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh menggelar Muzakarah Keagamaan-I di Kabupaten Aceh Timur, Selasa (13/2). Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Aceh Timur Hasballah M. Thaib itu dihadiri puluhan ulama dari Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur.
Dalam sambutannya, Bupati Hasballah M. Thaib yang akrap disapa Rocky itu meminta, MPU Aceh untuk sejalan dengan MPU Aceh Timur dalam menyusun konsep peleburan kurikulum dayah ke dalam kurikulum sekolah umum, baik ke SD, SMP dan SMA/SMK. "Ini tujuannya agar kurikulum sekolah benar-benar islami di Aceh, karena Aceh sedang digalakkan Syariat Islam (SI)," kata Rocky.
Dia juga mengatakan, muzakarah sangat penting dilakukan oleh pihak MPU, bahkan MPU Aceh Timur mencapai lima kali dalam setahun menggelar muzakarah, namun realisasi dari rekomendasi muzakarah tersebut yang perlu diawasi dan dikawal agar menjadi sebuah aturan ataupun yang disebut dengan qanun. "Jika ini dilakukan, maka dalam proses perjalanannya hasil rekomendasi muzakarah tersebut akan menjadi acuan dasar dalam penerapannya nanti, terutama peleburan kurikulum dayah ke dalam kurikulum sekolah umum," kata Bupati Rocky.
Sementara itu, Wakil Ketua MPU Aceh Prof. DR. Muslim Ibrahim, MA dalam arahan sebelum membuka Muzakarah Keagamaan-I menyebutkan, pihaknya sangat sepakat dengan usulan dan hasil putusan muzakarah ulama di Aceh yang telah merekomendasi peleburan kurikulum dayah ke dalam kurikulum sekolah umum.
"Kita juga sepakat ketika dalam pelaksanaan syariat islam dibumbui dengan berbagai gagasan lainnya yang dapat mengawal penerapan SI di Aceh secara kaffah," katanya.
Sekretaris MPU Aceh, Ir. Saifuddin Puteh, M.Si dalam laporan sebelumnya menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama sehari penuh dan telah berlangsung disejumlah kabupaten/kota lainnya di Aceh seperti Aceh Besar, Aceh Tamiang, Kota Langsa dan kini giliran Aceh Timur. "Muzakarah Keagamaan kali mengusung thema 'Kriteria Pemimpin Islami'. Semoga kegiatan ini nantinya dapat menjadi acuan dasar dalam penerapan SI di Aceh secara lebih baik," kata Saifuddin Puteh. (d- 77).
Teks Foto:  SEKRETARIS MPU Aceh Saifuddin Puteh ketika menyampaikan laporan pada Muzakarah Keagamaan-I di Aula Serbaguna Idi, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (13/2).
 
Powered by Telkomsel BlackBerry®