Iklan

Pangdam V/BRW Kunjungi Daerah - Daerah Yang Terkena Dampak Erupsi Gunung Kelud

KEDIRI-  Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.IP melaksanakan kunjungan ke daerah yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud antara lain Blitar, Malang dan Kediri yang dilaksanakan pada hari Kamis (27/2). 
Kunjungan Pangdam V/Brawijaya diawali di Kab. Biltar tepatnya di Desa Kampung Baru Kec. Garum. Dalam perhatiannya kepada warga, Pangdam menyampaikan agar tetap sabar dan menganggap bencana ini adalah cobaan. Dalam kesempatan ini Panglima memberikan bantuan berupa Sembako dan obat-obatan kepada warga di daerah tersebut.
Setelah dari Desa Kampung Baru, Pangdam melanjutkan kunjungannya ke Desa Kali Bladak Kec Legok. Dalam sambutannya Panglima menyampaikan bahwa renovasi rumah pasca erupsi Gunung Kelud di Kab Blitar merupakan kerjasama antara Kodam V/Brawijaya, Polri dan pemerintah dengan dibantu oleh masyarakat setempat.
Dalam wawancara dengan sejumlah wartawan, Pangdam menghimbau seharusnya di daerah bencana tidak ada slogan-slogan partai apapun karena dikhawatirkan dijadikan alat politik tertentu, tambahnya.
Setelah itu Pangdam meninjau Posko yang terletak di Ngantang Malang dan mengunjungi warga yang terkena erupsi Gunung Kelud. 
Kunjungan dilanjutkan dengan meninjau Posko di Korem 082/CPYJ yang terletak di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri dan disambut oleh Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf Agus Yuniarto beserta staf. Di Posko ini Pangdam menerima paparan dari Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Hariyadi tentang situasi wilayah Gunung Kelud serta hasil yang di peroleh prajurit Kodam V /Brw selama melaksanakan rekonstruksi perbaikan rumah penduduk di dua Kecamatan  yaitu Kecamatan Kepung dan Kecamatan Puncu.
Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan agar prajurit yang bertugas serta masyarakat sekitar Gunung Kelud senantiasa menjaga kesehatan dari bahaya abu vulkanik dengan tetap menggunakan masker dalam setiap kegiatan dan Pangdam V/Brw akan membantu masker apabila kurang karena cadangan masker masih banyak.
Pangdam juga menyampaikan agar prajurit dan masyarakat tetap berhati-hati apabila memperbaiki rumah terutama atap/genteng sehingga tidak terjadi kecelakaan. Dan apabila masyarakat merasa kurang dan membutuhkan bantuan personil, dari TNI khusunya prajurit Kodam V/Brawijaya akan berusaha untuk memenuhinya, tegas Pangdam.
 Selanjutnya Pangdam menuju Desa Kebonrejo Kec. Kepung Kab Kediri guna bertemu dengan perwakilan masyarakat dari tiga desa yaitu Desa Besowo, Desa Kampung Baru dan Desa Kebonrejo. Di lapangan Desa Kebonrejo ini Pangdam berbincang dengan masyarakat yang hadir serta meminta maaf karena keterlambatannya,  karena masih mengunjungi tempat lain yang juga terkena erupsi Gunung Kelud  serta menyampaikan pesan agar senantiasa menjaga kesehatan dan tetap berhati-hati dalam memperbaiki atap rumah yang rusak.

Selain itu, Pangdam juga memberikan bantuan kurang lebih 2.500 bingkisan berupa bahan pokok dan kebutuhan lainnya kepada masyarakat dan juga memberikan bingkisan kepada prajurit yang bertugas serta menyerahkan bantuan dari perwakilan mahasiswa Universitas Brawijaya yang bertugas di daerah itu berupa uang sebesar sebelas juta rupiah yang diterima perwakilan masyarakat. Pangdam juga menyempatkan diri untuk mengecek keberadaan dapur umum yang di kelola oleh prajurit Kodam V/Brw. (red)