Iklan

Perdana Menteri Rami Hamdallah Berkunjung Ke Indonesia

KUNJUNGAN RESMI PERDANA MENTERI RAMI HAMDALLAH
JAKARTA, 28 FEBRUARI – 2 MARET 2014
Jakarta --   Pada tanggal 28 Februari  – 2 Maret 2014, PM Palestina, YM Rami Hamdallah, beserta delegasi akan melakukan kunjungan resmi ke Jakarta, Indonesia.

Kunjungan resmi ke Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya bagi YM Rami Hamdallah sejak dilantik sebagai Perdana Menteri Palestina pada Juni 2013. Sementara itu, Presiden Yudhoyono telah dua kali menerima kunjungan Presiden Palestina YM Mahmoud Abbas di Jakarta, yaitu pada Oktober 2007 dan Mei 2010.

Kedua pemimpin akan melakukan pertemuan bilateral pada tanggal 28 Februari 2014 untuk membahas berbagai kerjasama bilateral, baik di bidang ekonomi, politik, maupun sosial-budaya. Presiden Yudhoyono dan PM Hamdallah juga akan membahas perkembangan terkini di kawasan, utamanya kawasan Timur Tengah. Presiden Yudhoyono tentunya akan menegaskan kembali komitmen penuh Indonesia untuk terus mendukung kemerdekaan dan kedaulatan negara Palestina.

PM Palestina juga akan menghadiri Conference on Cooperation Among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) ke-2 di Jakarta. Forum ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kontribusi negara-negara peserta terhadap upaya pembangunan nasional Palestina, terutama melalui program-program peningkatan kapasitas. Dalam pelaksanaannya kali ini, CEAPAD akan diketuai bersama oleh Palestina, Jepang dan Indonesia. Adapun, Presiden RI direncanakan akan menyampaikan pidato pembukaan forum tersebut.

Bersamaan dengan CEAPAD ke-2, Pemerintah RI akan pula menyelenggarakan CEAPAD Business Forum and Trade Expo pada tanggal 1-2 Maret di Jakarta.    

Terkait dengan kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Rami Hamdallah, Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional menyatakan:

"Kunjungan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah sangat penting artinya bagi konsolidasi hubungan bilateral Indonesia-Palestina sehubungan dengan terbentuknya pemerintahan baru di Palestina.

Kunjungan resmi ini dan juga penyelenggaraan CEAPAD ke-2 di Indonesia diharapkan akan semakin memperkokoh hubungan bilateral kedua negara, termasuk memperkuat langkah-langkah bersama bagi peningkatan kapasitas Palestina. Hal ini sejalan dengan keteguhan dukungan bangsa Indonesia bagi upaya Palestina untuk mencapai kemerdekaan dan kedaulatannya."
Dr. Teuku Faizasyah
Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional