Iklan

RSUD dan IDI Gelar Seminar Visum Et Repertum Dan Hukum Kesehatan

Aceh Timur – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Aceh Timur menggelar Seminar Sehari Visum Et Repertum dan Hukum Kesehatan di Aula Serbaguna Idi, Rabu (12/3). Kegiatan seminar sehari tersebut dipusatkan di Aula Serbaguna Idi yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Timur, Hasballah M.Thaib atau Rocky.

Turut hadir pada acara seminar itu yakni, Kapolres Aceh Timur, AKBP Muhajir, SIK MH, Direktur RSUD Idi dr.Munawwir, Sp.B, Kabid PMK dr.Zulfikri,M.Mkes, dan ratusan tenaga medis, baik dokter spesialis, dokter gigi ataupun bidan dalam wilayah Aceh Utara, Aceh Timur dan Kota Langsa.

Dalam laporan panitia disebutkan, bahwa pembicara utama yang dihadirkan dalam seminar tersebut Prof. dr. Amri Amir, Sp.F,D.E.M,SH yang merupakan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Direktur RSUD Idi, dr. H. Munawwir, Amin, Sp.B dalam laporannya mengatakan, seminar tentang visum et repertum dan hukum kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui diera globalisasi ini, karena banyaknya kasus yang terjadi di masyarakat menuntut tenaga kesehatan dan aparat penegak hukum bekerja ekstra dan mempunyai keahlian dibidangnya masing-masing. "Seminar ini juga dalam rangka Dies Natalis RSUD Idi Ke 6. Harapan kita kedepan pelayanan jasa kesehatan lebih baik dan sesuai dengan aturan hukum yang ada," kata Munawwir.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur Hasballah M. Thaib atau Rocky dalam sambutannya menyambut baik seminar sehari tersebut tentang visum et refertum dan hukum kesehatan, karena melalui kajian-kajian tersebut para medis dan pelaku kesehatan memahami serta memberikan pencerahan tentang pentingnya pemahaman hukum kesehatan dan banyak hal lain yang menyangkut dengan regulasi permasalahan tentang hukum kesehatan. "Seminar yang dilaksanakan hari ini merupakan langkah yang tepat dalam memeriahkan Dies Natalis RSUD Idi Ke 6 Tahun 2014," katanya.

Bupati Rocky mengharapkan, seminar dan dialog itu dapat memberikan manfaat khususnya bagi para medis dan pelaku kesehatan, sehingga memiliki pengetahuan dan pemahaman yang akan diterapkan di tempat tugasnya. "Manfaatkan kesempatan ini, karena jarang-jarang guru besar dari USU Medan ke Aceh Timur mengisi seminar kesehatan sebagaimana hari ini," tutur Rocky seraya menandaskan, tujuan seminar itu adalah untuk mengetahui tahapan dan proses dari visum et repertum. (d- 77).

Teks Foto: BUPATI Aceh Timur, Hasballah M. Thaib atau Rocky menerima cendramata dari Direktur RSUD Idi dalam Seminar Sehari Visum Et Repertum di Aula Serbaguna Idi, Rabu (12/3).


Powered by Telkomsel BlackBerry®