Iklan

Halangi Kerja Pers, Wartawan dan IPMAT Demo Kajari Idi

Aceh Timur - Puluhan wartawan bersama mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Mahasiswa Aceh Timur (IPMAT) melakukan demonstrasi di kantor Kejaksaan Idi, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (20/5/14).

Aksi demo itu dipicu karena Plh Kajari Idi, Wahyu Kauso, yang juga Kasi Pidum di Kejaksaan setempat, yang dinilai menghalang-halangi para pekerja pers.

Hal itu berawal saat seorang wartawan Aceh Timur mencoba untuk melakukan konfirmasi pada oknum Jaksa terkait adanya dugaan pemerasan oknum Jaksa terhadap masyarakat Aceh Timur.

Dalam aksi itu, puluhan wartawan Aceh Timur bersama IPMAT, menilai Kejaksaan tidak mampu melaksanakan tugasnya sebagai Jaksa, dan tidak bisa menyeret pelaku korupsi, juga berbagai kasus lainnya, yang selama ini menimpa di Kabupaten Aceh Timur.

Amatan Globalaceh.com di halaman kantor Kajari Idi, para pendemo meminta Kajati Aceh untuk mencopot Wahyu Kauso dari jabatannya karena dinilai tidak memahami Undang- undang pokok Pers.

Para pendemo melakukan orasinya saling bergantian di luar kantor Kajari tersebut. Karena tidak ada satupun perwakilan dari Kejaksaan yang menemui pendomo , membuat mereka marah dan mencoba menerobos pagar untuk masuk ke dalam gedung Kejaksaan.

Massa juga melempari kantor Kejaksaan dengan telur ayam yang mengenai pintu dan jendela kantor itu. (d- 77)