Iklan

Menuju Mandiri, Gampong Blang Nisam Perlu Perubahan Total

Hasballah Daud alias Marinir
Aceh Timur -  Gampong Blang Nisam Kecamatan Indra Makmu Kabupaten Aceh Timur, sudah selayaknya menuju gampong yang mandiri, bermartabat, adil, makmur dan sejahtera. Pasalnya di gampong tersebut terbentang luas ratusan hektare lahan perkebunan.

Hal ini disampaikan, tokoh pemuda Gampong Blang Nisam,  Hasballah Daud alias Marinir,  kepada Globalaceh.com, Kamis (22/4/14). Menurut Marinir,  ada sejumlah ratusan hektare areal perkebunan rambong milik Proyek Nesh I di gampong itu dan  ratusan hektare areal perkebunan sawit milik Pemkab Aceh Timur.   Serta ditambah puluhan hektare sawit milik Perkebunan PT. Bayu Puga Sawit, dan  kebun sawit PIR KKPA.


Maka, untuk itu gampong tersebut perlu perubahan secara total dalam segala sektor termasuk sistim pemeritahan gampong Blang Nisam sendiri." Sekarang ini gampong tersebut banyak muncul berbagai masalah yang silih berganti." Timpal Marinir.


Dia menambahkan, gampong yang bermodalkan kekayaan yang sangat melimpah ruah tersebut, sudah selayaknya menuju  gampong yang mandiri, serta mampu membangun sistem kemasyarakatan yang bermartabat.


"Apalagi selama dua tahun terakhir ini, puluhan miliyar dana mengalir dari proses pembayaran ganti-rugi pembebasan lahan untuk  lokasi Central Procesing Plend (CPP), yang dibayar melalui pihak perusahaan pemegang kontrak kerja sama produksi, PT. Medco E&P Malaka. Namun, yang menjadi permasalahan saat ini terkait masih tidak sehatnya dalam hal  pengelolaan pemerintahan gampong dan terkesan masih mengunakan pola lama yakni, mengutamakan kepentingan pribadi dan kelompok semata" demikian beber mantan Panglima Sagoe Alue Ie Mirah saat konflik dulu.


Oleh sebab itu, kata Marinir, sudah saatnya masyarakat dan para pemuda untuk bangkit dan membangun gerakan untuk melakukan penolakan terhadap segala perilaku pembodohan yang diperbuat oleh setiap oknum aparatur pemerintahan Gampong Blang Nisam dan sudah saatnya kita bangkit menumbuh kembangkan segala potensi yang ada serta mampu menyelesaikan semua masalah . "Tidak mungkin suatu kaum dapat berubah, bila kaum tersebut tidak merubahnya sendiri. " Demikian pungkas Marinir.


Pejabat Geuchik Gampong Blang Nisam, Ismail mengakui sistim Pemerintahan Gampong Blang Nisam, masih banyak yang harus dilakukan pembenahan. Seperti masih kurangnya komunikasi dan silaturrahmi antara sesama." Dan saya juga berharap semoga kedepannya, Gampong Blang Nisam bisa tumbuh dan berkembang menjadi gampong yang bermartabat." Harapnya.


Sementara itu,  Camat Indra Makmu,  Saiful Anwar.  SE menjelaskan,  bahwa dirinya sangat setuju dan memberi dukungan sepenuh untuk gerakan perubahan yang lebih baik lagi di Gampong Blang Nisam. " Sudah saatnya rakyat berani menyatakan sikap bahwa kedaulatan tertinggi di negara ini adalah rakyat." Demikian pungkasnya. ( F- 75)