Iklan

MPU Gelar Pelatihan Kader Ulama Muda

Aceh Timur - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Timur menggelar Pelatihan Kader Ulama Muda yang dipusatkan di Aula Kantor Kemenag Aceh Timur di Idi, Senin (19/5). Kegiatan selama enam hari itu dibuka langsung oleh Asisten II Setdakab Aceh Timur Drs. Mohd. Mukhtar, M.AP.

Asisten II Setdakab Aceh Timur Mohd.Mukhtar dalam sambutannya mengatakan, menyikapi akhir-akhir ini ditengah-tengah masyarakat kita yang mengurus bidang keagamaan sangat-sangat langka disebabkan tidak adanya alih generasi dan kurangnya minat belajar di kalangan generasi muda kita dalam mempelajari dan mendalami syiar ilmu agama, salah satu contoh dalam masyarakat kita meyangkut masalah pelaksanaan fardhu kifayah.

"Hal ini seolah-olah dibebankan pada imam gampong saja, seharusnya memandikan, mengkafankan, menyalatkan dan menguburkan jenazah adalah kewajiban bagi semua orang yang masih hidup, tetapi karena kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki di kalangan masyarakat kita, kewajiban melaksanakan fardhu kifayah hampir terabaikan," ujar Mohd.Mukhtar.

Atas nama Pemkab Aceh Timur, lanjut Mohd.Mukhtar, pihaknya menyambut baik kegiatan pelatihan kader ulama muda yang digagas oleh MPU Aceh Timur. "Semua kita harus sepakat bahwa ulama juga perlu pengkaderan untuk melanjutkan tugas-tugas para ulama sebelumnya yang saat ini telah memasuki usia lanjut dan menggantikan para ulama yang telah wafat," ujar Mohd Mukhtar.

Ketua MPU Aceh Timur, Tgk.H.Bukhari Hasan yang akrap disapa Ayah Leuge dalam laporan sebelumnya mengatakan peserta pelatihan kader ulama muda usia 18-25 tahun ini diikuti peserta dari 24 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur. Untuk peserta dari Simpang Jernih, Peunarun dan Lokop diinapkan, ketiga kecamatan tersebut membutuhkan waktu perjalanan darat 3-7 jam. "Muda-mudahan kegiatan ini berjalan lancar selama 6 hari kedepan," kata Ayah Leuge. (d- 77)
Powered by Telkomsel BlackBerry®