Iklan

Peringkat Pertama UN di Atim Diraih Siswa SMA Unggul

ACEH TIMUR - Sebanyak 61 siwa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Unggul, Kabupaten Aceh Timur berhasil meraih peringkat pertama kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat kabupaten tersebut dan mampu mengungguli sekolah SMA lainnya didaerah ini.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur, Drs. Armia M.Pd dalam sambutannya pada kegiatan wisuda sekaligus pelepasan siswa kelas XII SMAN Unggul Aceh Timur berada di kecamatan Birem Bayeun ujung timur kabupaten ini dan berbatasan langsung dengan Pemerintahan Kota Langsa, Sabtu (24/5).

" Dinas Pendidikan Aceh Timur sangat bangga dengan hasil kelulusan yang dicapai oleh siswa SMAN Unggul ini, bahkan tanpa adanya rekayasa terhadap UN siswanya," ujarnya sembari mengatakan, hal tersebut sesuai dengan informasi yang diperoleh Dinas Pendidikan serta Proses Belajar Mengajar (PBM) yang dilaksanakan selama ini dirasakan cukup baik hingga membuahkan hasil baik pula.

Armia juga menekankan kepada siswa SMAN Unggul Aceh Timur agar dapat mempertahankan prestasi gemilang yang telah diraih tersebut, selain itu dituntut Sumber Daya Manusia (SDM) siswa SMA ini dapat unggul dalam semua aspek. 

"Bahkan kita harapkan harus seimbang antara Iman dan Taqwa (Iptaq) serta ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek)," demikian pungkas Sekretaris Disdik Aceh Timur.  
Sementara itu, Kepala SMAN Unggul Aceh Timur, Drs.M. Thaib dalam acara wisuda dan pelepasan siswa yang dilaksanakan dihalaman sekolah tersebut mengatakan, pihaknya memohon kepada Dinas Pendidikan Aceh Timur terhadap siswanya yang berprestasi tetapi lemah dalam sisi ekonomi agar dapat dibantu untuk bisa melanjutkan pendidikannya ketingkat perguruan tinggi.

" Terkait hasil kelulusan UN siswa SMAN Unggul Aceh Timur tidak ada indikator pada saat UN berlangsung terjadinya penyetelan nilai, tetapi apa yang diperoleh ini adalah murni dari hasil jawaban siswa sendiri," tegas M. Thaib seraya mengharapkan kepada siswa kelas X dan XI supaya dapat mencapai prestasi lebih baik lagi dari siswa yang telah lulus pada tahun ajaran 2013-2014.

Ditegaskannya, selain peran dewan guru, dirinya juga sangat mengharapkan dukungan dan bantuan pihaknya lainnya terutama Dinas Pendidikan dan khususnya wali siswa untuk terus memantau perkembangan anaknya serta memberikan motivasi mereka agar lebih giat dalam belajar. " Tentunya dengan pertisipasi semua pihak akan menjadi sekolah ini lebih unggul dari SMA lain yang ada di Kabupaten Aceh Timur," ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa selama ini ada isu yang berkembang ditengah-tengah masyarakat dengan beranggapan adanya diskriminasi antara siswa Aceh Timur sendiri dengan siswa berasal dari luar daerah dilakukan oleh sekolah. " Namun, hal itu semua tidak benar, bahkan semua siswa di SMA Unggul diberlakukan sama sesuai peraturan dan tidak ada istilah anak tiri maupun anak kandung," tegas M.Thaib lagi.

Sementara itu, dalam pelaksanaan wisuda dan pelepasan lulusan siswa SMAN Unggul dimeriahkan dengan penampilan seni tari Aceh, penyematan tanda kelulusan, pembacaaan puisi, pelepasan balon keudara, pemberian sertifikat kepada siswa berprestasi yaitu Egi Atika Handayani jurusan IPA dan Radhia Humara dari jurusan IPS. Turut hadir juga pada acara tersebut unsur Muspika Birem Bayeun, wali siswa serta tokoh masyarakat setempat. (d- 77)
Powered by Telkomsel BlackBerry®