Iklan

Plh Kajari Idi Kangkangi UU Pers No 40 Tahun 1999

Aceh Timur- Pelaksana Harian Kepala Kejaksaan Negeri Idi, Wahyu Kauso ditengarai telah melanggar Undang-Udang Pers Nomor 40 tahun 1999 pasal 4 ayat 2 dan 3 tentang kebebasan Pers.

Tindakan melawan hukum ini dilakukan Wahyu Kauso saat sejumlah wartawan datang ke Kantor penegak hukum tersebut untuk konfirmasi dengan seorang oknum Jaksa yang diduga meminta sejumlah uang terhadap terpidana Kasus ganja sebesar Rp. 20 Juta.

Hal itu disampaikan, Sanusi Wartawan RRI kepada globalaceh.com, Senin, (19/5/14). Menurut Sanusi, awalnya ia bersama sejumlah wartawan elektronik dan media cetak lainnya datang kekantor kejaksaan dan menemui petugas piket untuk memberitahukan maksud dan tujuan.

"Petugas piket kemudian menemui oknum Jaksa tersebut dan menyampaikan sejumlah wartawan hendak menjumpainya. Dikatakan, ketika petugas piket kembali mengatakan bahwa oknum Jaksa sedang berada diluar kantor, namun ketika didesak bahwa oknum Jaksa ada dan baru saja berbicara dengannya, petugas piket lalu mengantarkan sejumlah wartawan ke rumah dinas oknum Jaksa itu persis dibelakang kantor Kejari." Imbuh Sanusi.

Ternyata oknum Jaksa tersebut hanya mengurung diri dalam rumah dan tidak peduli dengan panggilan petugas piket yang memanggilnya."Beberapa saat kemudian sejumlah wartawan di panggil oleh PLH Kajari Idi, Wahyu Kauso untuk menghadapnya." Timpalnya lagi.

Kepada sejumlah wartawan Wahyu Kauso mengatakan tidak boleh melintas melalui jalan samping kantor Kajari karena bukan jalan umum. " Kalau mau konfirmasi lewat pintu depan asrama sana, jangan lewat sini, ini bukan jalan umum." Ujar Sanusi meniru ucapan Plh Kajari Idi, Wahyu Kauso.

Ketua Persatuan Wartawan Aceh Timur, Ismail abda sangat menyesalkan tindakan seorang aparat hukum yang mengatasnamakan dirinya Kajari yang seharusnya melayani masyarakat.

"Tindakan saudara Wahyu telah melanggar UU Pers nomor 40 tahun 1999 yakni telah menghambat pekerjaan Pers sebagaimana diatur dalam Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3)". Demikian Terang Ismail abda. (***)

Powered by Telkomsel BlackBerry®