Iklan

Polhut Aceh Timur Kembali Amankan 17 Kayu Glondongan Ilegal Logging

Truck jenis Fuso, BK. 8578 RA yang disinyalir membawa kayu hasil illegal logging yang diamankan pihak Polhut Atim (AM)

Kota Langsa - Dalam kegiatan rutin operasi uji petik yang dilakukan oleh Polhut Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (10/05/2014) sekira pukul 01 dini hari, di Pos Birem Bayeun, kembali mengamankan satu unit truk jenis fuso Nopol BK 8578 RA yang disinyalir membawa kayu hasil illegal logging.

Aksi illegal logging dari kawasan hutan Aceh Timur memang sudah mengkhawatirkan namun dengan adanya operasi rutin dan berkat kecermatan satuan Polhut Aceh Timur, tentunya akan memberikan efek jera dalam mengatasi aksi tersebut.

Truk fuso yang dikemudikan dengan nama panggilan,  Siyan tersebut,  dihentikan ketika melintas di depan Pos Birem Byeun kemudian dilakukan pemeriksaan isi truk serta kelengkapan dokumen. Ternyata truk tersebut membawa kayu balok sebanyak 17 batang yang tidak sesuai dengan dokumen, jenis kayu balok yang diangkut campuran jenis kelompok meranti dan sembarang rimba.

Padahal tertulis di dalam nota angkutan yang digunakan  sebagai dokumen kayu tersebut, hanya tertulis jenis kayu “Jabon“ milik Saiful, yang akan dibawa ke UD. Dunia Mas atas nama Apong di Batang Kuis Sumatera Utara. Atas dasar ketidakcocokan dokumen dan barang yang diangkut akhirnya diamankan.
Sementara itu, Dan Unit Polhut Aceh Timur,  Amrin ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan perihal satu truk fuso bermuatan 17 baalok kayu yang tidak sesuai dengan dokumen.

"Ini berkat kesigapan personil kami, truk pengangkut kayu balok yang akan dibawa ke Sumut tersebut tidak sesuai dengan dokumen. Sementara ini kami tahan dan besok pagi akan kita sita kayunya," tegas Amrin.

"Kami tidak ada tolelir bagi siapapun pelaku illegal logging, apalagi akhir-akhir ini sangat luar biasa penebangan hutan dipedalaman Aceh Timur," pungkas Amrin mengakhiri pembicaraannya. (AM)