Iklan

Tiga Lembaga di Atim Buka Posko Pengaduan Korban Pemerasan Oknum Jaksa

ACEH TIMUR - Gabungan tiga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) masing-masing Ikatan Pemuda Mahasiswa Aceh Timur (IPMAT), Persatuan Wartawan Aceh Timur (PESAWAT) dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH-IDI) kini membuka Posko Pengaduan korban pemerasan oknum Jaksa.

Posko mulai dibuka Senin 26 Mei 2014 bertempat di Jalan Medan-Banda Aceh, Desa Tanoh Anoe persis didepan warung Espresso Dua.

Penanggung Jawab Posko Pengaduan Korban Pemerasan oknum Jaksa, Husni Thamren Tanjong, SH, kepada Wartawan, Kamis (22/5/14) mengatakan, tujuan pembukaan Posko untuk menampung pengaduan masyarakat Aceh Timur yang menjadi korban pemerasan.

Menurut Advokat yang berkantor di Jakarta ini, data lengkap korban dan nama oknum Jaksa yang terindikasi melakukan pemerasan akan kita kirimkan ke Presiden, Kejagung, Menteri Hukum dan Ham serta instasi dan lembaga terkait lainnya.

" Secara lisan kita sudah menerima beberapa orang dari keluarga terpidana yang mengaku dimintai sejumlah uang oleh oknum Jaksa pada masa proses persidangan ", terang Husni
Pengacara yang baru-baru ini memenangkan Pra-Peradilan Polres Aceh Tamiang ini menambahkan, hasil investigasi awal yang telah dilakukan Ikatan Pemuda Mahasiswa Aceh Timur (IPMAT) bersama Persatuan Wartawan Aceh Timur (PESAWAT) sudah tercatat puluhan terpidana menjadi korban pemerasan oknum Jaksa.

Husni berharap dengan dibukanya Posko Pengaduan Korban Pemerasan oknum Jaksa ini, agar masyarakat dapat membuat pengaduan secara tertulis dan tidak perlu takut untuk kebenaran.

" Kami siap membantu dan mendampingi para korban kemanapun jika diperlukan, jadi tidak perlu takut untuk membuat pengaduan ". Kata Husni.
Ketika ditanya jika oknum Jaksa yang sudah melakukan pemerasan beritikat baik untuk mengembalikan uang yang telah diambil dari korban Husni menjawab akan kami pertimbangkan.


Husni beralasan, dalam proses persidangan saja, bersikap jujur dan beritikat baik, menyesali dan tidak mengulagi lagi perbuatannya juga menjadi sebuah pertimbangan yang dapat meringankan. 

" Sekali lagi saya menghimbau kepada masyarakat agar segera membuat pengaduan ke Posko yang telah kami dirikan ". Ujar Husni mengakhiri percakapannya. (d- 77)