Iklan

Bentuk Korps Alumni, Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Gelar Silaturahmi

Banda Aceh  - Keluarga besar Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar pertemuan dalam rangka silaturahmi bersama alumni. Sabtu (14/6) di Aula Audit Fakultas Adab dan Humaniora kampus setempat.

Pertemuan perdana yang dirangkai dengan seminar dan pembentukan korps alumni S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry turut dihadiri oleh alumni dari berbagai lintas generasi, dosen dan mahasiswa jurusan S1 Ilmu Perpustakaan.

Dekan fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-raniry, Prof Dr H Misri A Muchsin MAg yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Syarifuddin MA PhD dalam sambutannya menyatakan alumni memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi bagi kejayaan almamaternya.
"Sejauh mana alumni mampu mendesain sebuah kreatifitas dan profesionalitas untuk kemajuan almamaternya, karena alumni merupakan aset penting dalam peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan jaringan demi pencitraan sebuah institusi", kata Syarifuddin saat membuka acara silaturahmi keluarga besar prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Sabtu (14/6).

Sementara itu, ketua jurusan S1 Ilmu Perpustakaan, Nurhayati Ali Hasan, M.Lis menjelaskan peran dan kontribusi alumni sangat dibutuhkan untuk kemajuan almamater dalam upaya mewujudkan visi dan misi jurusan.

"kontribusi alumni sangat dibutuhkan untuk mewujudkan visi dan misi jurusan. Disamping alumni sebagai produk institusi jurusan, kualitas alumni juga dipengaruhi oleh prodi itu sendiri", Ujarnya.

Lebih lanjut ia juga berharap, dalam pertemuan yang mengangkat tema "Tajak Meusapat ta Meupakat Aduen Ngon Adoe, Jeut Tapuwoe Marwah Alumni Perpustakaan" akan lahir sebuah korps alumni yang diharapkan mampu menghasilkan kontribusi positif bagi kemajuan almamater maupun sesama alumni.

"Prodi dengan alumni, alumni sesama alumni harus ada wadah yang memfasilitasi. Sehingga dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk kemajuan almamater jurusan S1 Ilmu Perpustakaan ke depan", harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nurhayati menyatakan menurut data terakhir tahun akademik 2013-2014 jumlah lulusan yang sudah dihasilkan oleh jurusan yang lahir pada tahun 2006 yang lalu berjumlah 218 orang.

"Mengingat jumlah alumni yang sudah dilahirkan oleh jurusan S1 Ilmu Perpustakaan baik dari kuantitas maupun kualitas tentunya kita berharap melalui forum ini akan terbentuk wadah alumni, sehingga menjadi mediator antara alumni dan prodi," jelasnya.

Dalam silaturahmi yang dirangkai dengan seminar turut menghadirkan narasumber dari kalangan akademis, Khatib A. Latief, M.Lis selaku dosen senior jurusan S1 Ilmu Perpustakaan, Arkian, S.Sos selaku ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh, dan dari alumni Roy Satriadi, S.IP. (Arkin)