Iklan

GM FKPPI Jatim Bangun Soliditas Persatuan & Kesatuan Bangsa Dengan Apel Siaga

SURABAYA-Pangdam
 V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko, pada hari Rabu (25/6) menjadi Inspektur Upacara pada Apel siaga kebangsaan Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (GM FKPPI) Jatim, di lapangan Makodam V/Brawijaya.
Dalam amanatnya Pangdam V/Brawijaya mengatakan bahwa lahirnya Keluarga Besar TNI, khususnya GM FKPPI dan PPM adalah untuk mewujudkan ciri-ciri kepribadian TNI dalam kepribadian pemuda. Dengan demikian, TNI ikut bertanggungjawab terhadap pembinaan GM FKPPI dan PPM, agar derap langkah dan arah perjuangan maupun  pengabdiannya tidak bergeser dari arah perjuangan dan pengabdian TNI, yang selalu berpegang teguh pada komitmen mengabdi hanya kepada bangsa dan negara.
Jenderal bintang dua ini juga mengatakan bahwa sebagai putra-putri bangsa yang baik, kita harus menerapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga akan melahirkan pribadi-pribadi yang memiliki ketahanan jiwa kebangsaan yang kuat, tidak mudah menyerah, mundur dan terombang-ambing oleh budaya asing. Itulah yang perlu kita tanamkan dalam diri kita masing-masing sebagai anggota Keluarga Besar TNI, guna menjaga eksistensi GM FKPPI dan PPM dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Di samping itu Mayjen TNI Eko Wiratmoko menekankan tentang peran TNI/Polri sebagai bagian dari aparat negara akan selalu bersikap Netral, Netralitas adalah harga mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar lagi.
Sebelum mengakhiri sambutan, Pangdam menyampaikan  beberapa pedoman antara lain : Pertama, GM FKPPI dan PPM  memang bukan TNI, tetapi jiwa dan semangat TNI hendaknya tertanam kuat dalam setiap jiwa anggota GM FKPPI dan PPM. Kedua, Agar GM FKPPI dan PPM  senantiasa memantapkan nilai-nilai nasional secara benar dalam kehidupan berorganisasi dan bermasyarakat. Ketiga, Hendaknya GM FKPPI dan PPM menjadi organisasi pemuda yang memiliki arah perjuangan dan pengabdian yang berguna bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.
Keempat, Galang terus persatuan dan kesatuan melalui kemampuan berkomunikasi secara intensif dengan organisasi pemuda. Kelima, Melalui GM FKPPI maupun PPM, diharapkan akan lahir pemimpin bangsa yang selalu membawakan aspirasi rakyat untuk membangun menjadi bangsa yang besar.
Dalam wawancara dengan rekan media Pangdam menyampaikan "Apel siaga ini yang memprakarsai GM FKPPI, Kodam V/Brawijaya yang mempunyai fungsi sebagai pembina hanya memfasilitasi dan mendorong GM FKPPI Jawa Timur dalam membangun soliditas persatuan dan kesatuan bangsa" ujarnya.             
Menurut Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim Ir. Agoes Soerjanto, "Dalam kegiatan ini murni dari GM FKPPI Jawa Timur, ini menunjukan TNI/Polri dan purnawirawannya tetap solid. Karena kita tahu organisasi paling solid di negara Indonesia yang masih bisa diharapkan adalah TNI/Polri" tegasnya.
Apel tersebut diikuti oleh + 3.500 orang kader GM FKPPI se-Jatim dan dihadiri oleh Wagub Jawa Timur dan pejabat dari TNI/Polri.