Iklan

Kawasan Penangkar Benih Bibit Kedelai Akan Dikembangkan

ACEH TIMUR - Dalam upaya meningkatkan hasil kedelai yang maksimal bagi petani di Kabupaten Aceh Timur. Untuk kedepannya akan dikembangkan kawasan penangkar benih bibit kedelai dibeberapa titik dalam wilayah kabupaten itu.

Hal itu disampaikan, Bupati Aceh Timur Hasballah M.Thaib atau disapa akrab Rocky, usai melakukan kunjungan lahan kedelai petani, di Gampong Paya Palas, Kecamatan Ranto Peureulak, Rabu (25/6).

Menurut Rocky, pengembangan kawasan penangkar bibit kedelai harus segera kita laksanakan, sehingga untuk tahun mendatang tidak ada lagi bibit kedelai yang harus dimasukkan dari daerah luar." Terutama dalam pelaksanaan program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) yang kini digalakkan pemerintah daerah," ungkap Rocky.

Dikatakannya, dengan adanya penangkar bibit kedelai nantinya mampu memenuhi kebutuhan bibit untuk areal PATB seluas 23 ribu hektar yang tersebar disejumlah kecamatan dalam wilayah Aceh Timur. " Termasuk juga areal pertanian kedelai yang dikelola secara pribadi oleh masyarakat," ujarnya.
 
Untuk tercapainya semua program tersebut maka langkah kedepan semua kelompok tani yang potensial, petugas penyuluh pertanian harus dapat berperan aktif untuk mengembangkan semua potensi yang sudah tersedia. " Pemkab Aceh Timur kedepannya akan berupaya dalam pemenuhan lahan abadi yang diperuntukkan sebagai areal penangkar bibit kedelai," demikian pungkas Hasballah M.Thaib atau Rocky. (d- 77)