Iklan

Pekan Olah Raga Aceh (PORA) KE- XII 2014- ACEH TIMUR, Spirit Tuan Rumah, Aceh Timur Bisa

Penyelenggaraan kejuaraan olahraga merupakan titik kulminasi dari upaya pembinaan secara menyeluruh, mulai dari membangkitkan minat, pemanduan bakat, seleksi dan kompetisi, pembinaan yang berkesinambungan sampai pada pencapaian prestasi puncak,  yang keseluruhan proses tersebut diukur hasilnya melalui  penyelenggaraan sebuah even kejuaraan olahraga.

Saat ini Kabupaten Aceh Timur menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Aceh (PORA) Ke-XII Tahun 2014 & merupakan sebuah daerah kabupaten induk hasil pemekaran yang sedang giat-giatnya membangun di segala aspek bidang kehidupan termasuk bidang olahraga.

Keinginan yang kuat dari Pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Timur saat ini beserta Pimpinan KONI Aceh Timur untuk menjadikan PORA sebagai katalisator untuk mempercepat laju pembangunan daerah khususnya di bidang keolahragaan yang juga akan membawa multi efek positif kepada bidang-bidang kehidupan lainnya secara umum.  


Dengan segala potensi yang ada dan dengan dukungan penuh dari seluruh unsur pemangku kepentingan kami yakin dan percaya, Insya ALLAH kami akan mampu untuk mengemban amanah dari Bapak Gubernur Aceh dan Pimpinan KONI Aceh untuk sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga Aceh (PORA) Ke-XII Tahun 2014 di Kabupaten Aceh Timur.
 

ACEH TIMUR BISA!!!
Kabupaten Aceh Timur adalah sebuah kabupaten yang berada di sisi timur Aceh, Indonesia. Kabupaten ini juga termasuk kabupaten kaya minyak selain Aceh Utara dan Aceh Tamiang. Kawasan ini juga termasuk basis Gerakan Aceh Merdeka sebelum diberlakukannya Darurat Militer sejak Mei 2003. Sebelum penerapan Darurat Militer ini, kawasan Aceh Timur termasuk kawasan hitam, terutama di kawasan Peureulak dan sekitarnya.


Sebelumnya ibukota Kabupaten Aceh Timur adalah Kota Langsa tetapi dengan disetujui UU No. 3 Tahun 2001, ibukota Kabupaten Aceh Timur dipindahkan ke Aceh Timur yang berpenduduk sekitar 34.282 jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010).


Kabupaten Aceh Timur terletak pada koordinat 4°09 5°16 Lintang Utara dan 97°13 98°02 Bujur Timur. Batas batas wilayah Aceh Timur adalah sebagai berikut :
"Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Aceh Utara dan Selat Malaka " Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Gayo Lues" Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Malaka, Kota Langsa, dan Aceh Tamiang " Sebelah Barat berbatasan Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah.


Kabupaten Aceh Timur Memiliki Luas wilayah sebesar 6.040,60 Km², secara administratif Kabupaten Aceh Timur terdiri dari 24 Kecamatan, 512 Desa / Gampong, 1 Kelurahan dan 1596 Dusun. Nama nama Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Timur adalah Kecamatan Simpang Ulim,kecamatan Julok, Kecamatan Nurussalam, Kecamatan Darul Aman, Kecamatan idi Rayeuk, Kecamatan Peureulak, Kecamatan Rantau Selamat, Kecamatan Birem Bayeun, Kecamatan Serba Jadi, Kecamatan Ranto Peureulak, Kecamatan Pante Bidari, Kecamatan Madat, Kecamatan Indra Makmur, Kecamatan Idi Tunong, Kecamatan Banda Alam, Kecamatan Peudawa, Kecamatan Peurelak Timur, Kecamatan Peurelak Barat, Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Simpang Jernih, Kecamatan Darul Iksan, Kecamatan Peunaron, Kecamatan Idi Timur, dan Kecamatan Darul Falah.


Secara umum Kabupaten Aceh Timur merupakan dataran rendah, perbukitan, sebagian berawa-rawa dan hutan mangrove, dengan ketinggian berada 0-308 m diatas permukaan laut. Keadaan tofografi faerah Kabupaten Aceh Timur dikelompokan atas 4 kelas lereng yaitu : 0-2%, 2-15%, 5-40% dan > 40%. Dilihat dari penyebaran lereng tersebut yaitu memiliki kemiringan lereng >40% hanya sebesar 6,7% yaitu meliputi Kecamatan Birem Bayeun dan Serbajadi. Sedangkan wilayah yang memiliki kemiringan lereng 0-2%,2-15% dan 5-40% meliputi seluruh Kecamatan.


Komoditi unggulan Kabupaten Aceh Timur yaitu sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi Kelapa Sawit, Kakao, Karet, Kopi dan Kelapa Sub sektor pertanian komoditi yang diunggulkan berupa Jagung dan Ubi kayu, Pariwisatanya yaitu wisata alam, wisata adat dan budaya.
Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di Kabupaten Ini Tersedia 1 Pelabuhan Industri, yaitu Pelabuhan Pelabuhan Idi, Di Provinsi ini juga terdapat tiga jalan, Yaitu jalan Negara, jalan kabupaten dan jalan Provinsi. Panjang Jalan Provinsi adalah 89 km, panjang jalan kebupaten adalah 1.100 km dan panjang jalan negara adalah 102 km. Untuk industri tersedia 6 kawasan industri, yaitu Kawasan Industri UMKM Pisang Sale, Kawasan Industri Kelapa Terpadu, Kawasan Industri Pengolahan Rotan, Kawasan Industri Agro dan Perikanan, Kawasan Industri Kelapa Terpadu Timur (KITAT) dan Kawasan Industri Migas Pertambangan dan Energi yang didukung juga oleh fasilitas listrik dan telekomunikasi.(*)