Iklan

Armada Pemadam Kebakaran Tak Siaga, Dua Rumah Ludes Dilalap Sijago Merah

ACEH TIMUR - Akibat kurang siaganya armada pemadam kebakaran, dua unit bangunan rumah yang dijadikan untuk toko ludes dilalap sijago merah dalam hitungan waktu tidak lama, Minggu (3/8/14) sekira pukul 12. 15 Wib. 

Amatan media ini, lokasi kebakaran hanya berpaut 100 meter dari areal SPBU Kuta Binjei, Desa Julok Tunong Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur.

Disinyalir sumber api berasal dari mercon yang dimainkan oleh anaknya Abdullah bersama dengan anak lain yang menyewa toko sebelahnya. Saat itu, ada mercon yang terjatuh dibagian dapur, dan tanpa diketahui oleh Abdullah serta isterinya Ely. Mercon yang terjatuh tersebut langsung menimbulkan kobaran api dan menjalar ke tumpukan seratusan tabung gas yang baru saja diorder.

Akibat menjalarnya api pada tumpukan tabung yang berisi gas, maka gumpalan api sangat besar sekali dan para warga tidak dapat membantu memadamkan api tersebut. Suara letusan tabung gas sangat menggelegar dan dengan cepat menjalar ke toko tukang pangkas disebelah toko penjual tabung gas isi ulang milik Abdullah. 

Saat peristiwa itu terjadi, Camat Julok, Zainuddin, SE, berbaur bersama ratusan warga, membantu memadamkan api. Karena armada pemadam kebakaran milik Pemkab Aceh Timur yang ada di Julok tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga terpaksa dibantu oleh armada pemadam kebakaran dari Idi itupun armada tersebut lambat datang kelokasi kebakaran. 

Para warga secara bersama- sama mencoba berusaha untuk memadamkan kobaran api tersebut. Dan dikhawatirkan api menjalar ke toko lainnya. Apalagi sampai ke areal SPBU yang berjarak hanya 100 meter. Akibat peristiwa kebakaran tersebut terjadi kerugian mencapai ratusan juta rupiah. 

T. Ridwan Salam (42) salah seorang warga Julok kepada Wartawan mengatakan, sangat kecewa dengan lambatnya armada pemadam kebakaran datang kelokasi kejadian.

" Selain itu petugas pemadam kebakaran juga terlihat masih tidak mengerti dalam melakukan pemadaman kobaran api." Demikian pungkas Ridwan seraya menambahkan berbagai fasilitas pada unit armada pemadam kebakaran juga harus diperbaiki. (F- 75)