Iklan

Kapus Menjerit, 8 Bulan Uang Tagihan Obat Tak Kunjung Dibayar

ACEH TIMUR - Banyak para Kepala Puskesmas (Kapus) dalam wilayah Kabupaten Aceh Timur menjerit. Pasalnya sudah delapan bulan lamanya uang amprahan untuk obat di masing- masing puskesmas tidak kunjung dbayar.

Hal itu disampaikan salahsatu Kepala Puskesmas yang tidak ingin disebut namanya kepada wartawan, Kamis, (14/8). Menurutnya, sejak bulan Januari hingga April 2014 biaya pembelian obat untuk keperluan dipuskesmas tidak kunjung dibayar." Sudah delapan bulan lamanya belum juga dibayar. Sementara pembelian obat yang dibeli langsung oleh pihak Dinas Kesehatan dari bulan Mei hingga Juli 2014 sudah cair pembayarannya." Ujarnya seraya menambahkan pihaknya selalu ditagih utang oleh pihak apotik tempat pengambilan obat tersebut.

Kepala Bidang Jaminan Sarana dan Kesehatan, di Dinas Kesehatan Kabupaten Aceeh Timur, Zainal Abidin, SKM. M. Kes kepada wartawan mengatakan, semua berkas pengamprahan yang diajukan kepihaknya banyak terjadi kesalahan bagaimana kita proses untuk pencairan. Dan semua berkas yang salah sudah kita kembalikan ke bendahara Puskesmas masing- masing untuk memperbaikinya dan kita beri batas waktu seminggu namun sampai saat ini belum mengembalikan berkas perbaikan tersebut.

"Mengenai pihaknya yang membeli obat untuk keperluan puskesmas tersebut pada bulan Mei sampai Juli 2014 memang sudah selesai pengamprahannya karena berkas pengamprahannya engak ada yang terjadi kesalahan." Demikian pungkas Zainal (d- 77)