Iklan

Membludak Minat Ijazah Paket C di Aceh Timur

ACEH TIMUR - Membludaknya keinginan atau minat masyarakat untuk mendapatkan Ijazah Paket C dan Paket B di Kabupaten Aceh Timur. Hal itu terlihat dengan jumlah peserta yang mengikuti  ujian Paket C di Aceh Timur mencapai 400 orang lebih.

Kabid Pendidikan Luar Biasa Luar Sekolah (PLB-LS) Dinas Pendidikan Aceh Timur, Drs. H. Jalaluddin, MPD, disela-sela ujian paket C di SMPN 1 Peudawa kepada wartawan, Rabu (20/8) menyebutkan, 401 orang dari berbagai daerah dalam wilayah Aceh Timur mengikuti ujian Nasional Paket C dan 114 orang yang mengikuti paket B, " untuk ujian paket C dipusatkan di SMPN 1 Peudawa, sementara untuk paket C diadakan di masing masing lembaga PKBN dalam wilayah Aceh Timur, " ujar H. Jalaluddin.

Dia menambahkan, dari jumlah peserta tersebut yang mengikuti hanya 50 persen, hal itu terkendala dengan transportasi bagi peserta yang ada didaerah pedalaman, seperti dari Simpang Jernih, dan Lokop," mereka terkendala mengikuti ujian karena transportasi yang jauh, " ujarnya.

Katanya, PLB-LS Dinas Pendidikan Aceh Timur terus meningkatkan upaya  -upaya menjaring minat masyarakat mengikuti paket C, " karena ini amanah UUD 45 agar tidak ada masyarakat kita yang putus sekolah. Dari sejak tahun 2003 hingga saat ini di Aceh Timur telah mendapat kelulusan paket C sebanyak ribuaan orang bahkan ada yang telah bekerja dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, " pungkas H. Jalaluddin. (D- 77)