Iklan

Icon Ternak Indonesia Disnak Jatim Kunker ke Pulau Sepudi

Sumenep, Kabupaten Sumenep Jawa timur khususnya, patut berbangga hati karena menjadi Icon Ternak untuk Indonesia mewakili Jawa timur. Sehingga pemerintah Pemerintah melalui Dinas peternakan Propinsi Jawa timur melakukan kunjungan ke Kabupaten Sumenep pada, Rabu malam /10/ 09 di Hotel C1 Sumenep.



Kunjungan Pemerintah Propinsi Jawa timur tersebut tersebut menggandeng Direktur Perbibitan Ternak, Ir. Abu Bakar,SE.MM - Kementerian Pertanian dan tanaman pangan, Kemenko, Kementerian kelautan RI, Perguruan tinggi ITB Bandung.

Kadatangan Tamu kunjungan kerja tersebut disambut Asisten pembangunan Ir, HM. Syahrial, MM. Kepala Bappeda, dan Kepala DInas Pertanian serta Dinas Peternakan Kabupaten Sumenep sebagai panitia penerima kunjungan.

Dalam sambutannya Ir. Syahrial mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah pusat dan Pemerintah propinsi Jawa timur yang telah meng-agendakan kunjungan ke Sumenep untuk selanjutnya akan menyeberang ke Pulau Sapudi.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Sumenep menyambut baik dan apresiasi yang sangat tinggi kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Propinsi Jawa timur yang telah menjadikan pulau Sapudi sebagai Icon ternak Indonesia mengingat Pulau Sepudi Sumenep terkenal dengan populasi terbesar ternak sapi di Madura dan Jawa timur", jelasnya.

Ir. Maskur, MM, Kepala Dinas Peternakan propinsi Jawa timur turut memberikan sambutan pada jamuan Rapat kunjungan tersebut. Ia menyampaikan bahwa Madura sudah ditetapkan sebagai penghasil ternak terbaik dan tertinggi di Indonesia Untuk tiga Wilayah terbesar penghasil ternak indonesia selain Aceh dan bali.

"Sapudi Sumenep sebagai Icon ternak Indonesia tentunya harus terus melakukan pembenahan - Pembenahan untuk mengoptimalkan pengembangan populasi sapi Madura. sebagai kelengkapan sarana prasarana pulau Ternak Sapudi, Pemerintah Propinsi Jawa timur telah menyediakan pusat kesehatan ternak, pengembangan estimasi, Rumah Potong Hewan dan Pasar Hewan untuk menjadi nilai tambah bagi pengembangan ternak sapi di Sumenep", jelasnya.

Ir. Maskur menambahkan, Sumenep Sapudi menjadi kunci untuk mempertahankan sapi Madura. Hal tersebut tentunya membutuhkan dukungan semua pihak khususnya Pemerintah Kabupaten Sumenep. "Untuk itu kami                                                            mohon kepada Bappeda dan Asisten serta Dinas peternakan Kabupatyen Sumenep untuk terus menata Agar kekurangan - kekuarangan sektor peternakan di pulau Sapudi dapat dioptimalkan seperti, kesulitan memindahi sapi ke kapal yang artinya membutuhkan dermaga. Sisi kesehatan hewan serta pakan ternak juga merupakan hal tak terpisahkan dari faktor pengembangan ternak sapi Madura khususnya di Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim, Msi, di Pendopo Agung Kraton Sumenep.  ( An )