Iklan

Pangdam Iskandar Muda : Aceh salah Satu Penopang Ketahanan Pangan Nasional

ACEH UTARA - Dalam rangka mewujudkan komitmen mendukung langkah pemeritah menuju kedaulatan pangan, TNI berinisiatif menyelenggarakan Kegiatan penanaman Kedelai yang dibuka langsung oleh Panglima Kodam Iskandar Muda,  Mayjend TNI Agus Kriswanto dan  jajaran Muspika Plus beserta kelompok Tani Malikussaleh dan tokoh masyarakat, di Desa Pinto Makmur kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (23/10/).

Dalam acara tersebut,  turut dihadiri oleh 250 orang tamu undangan diantaranya Pangdam IM Mayjend TNI Agus Kriswanto, Danrem 011/LW, Kolonel Inf.  Hipdiza, Danlanal Lhokseumawe Kolonel Mar Agus Dwi Laksana, Kol Inf Muhammad saleh mustafa ,Aster  Letkol Inf.  Iwan sumantri, Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, Dandim 0103 Aceh Utara , Letkol. Inf.  Iwan Rosandriyanto, S.I.P, Kapolres Aceh Utara  AKBP Gatot Sudjono, Kajari  Aceh Utara T. Rachmatsyah, Dansat Raider 231 Letkol. Imam Taufik dan Kapolres Lhokseumawe yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Driharto.


Ketua kelompok Tani Malikulsaleh  menyampaikan,  terimakasih  kepada bapak Pangdam Iskandar Muda yang telah membantu kami membuka lahan untuk penanaman kedelai sebesar 40 Hektar, Kedepan kelompok Tani Malikussaleh sangat mengharapkan bantuan dari bapak Bupati Aceh utara seperti menyediakan traktor, mesin sanyo dan perlengkapan lainnya.


Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib atau sering disapa akrap Cek Mad, mengatakan,  Kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Pangdam Iskandar Muda  beserta rombongannya dan kehadiran Bapak-bapak  dari Tentara Nasional Indonesia pada kegiatan ini telah turut memotivasi kami untuk terus memacu pembagunan di daerah ini demi mempercepat kesejahteraan rakyat." Kami sangat mengapresiasi program perluasan areal Tanam (PAT) kedelai ini, yang kita rencanakan mencakup seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Utara.


"Kami terus berupaya menggerakkan usaha tani kedelai melalui optimalisasi pemamfaatan lahan sawah dan lahan terlantar.  Saat ini terdapat 39. 875 hektar lahan yang dapat di mamfaatkan untuk program kedelai ini, yang kami rencanakan dapat tergarap optimal dalam jangka waktu 5 tahun kedepan," ujar Cek Mad.


Pangdam Iskandar Muda,  Mayjend. TNI Agus Kriswanto mengatakan, tanaman pangan merupakan kebutuhan dasar yang permintaannya terus meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan peningkatan kualitas hidup." Hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, salah satunya tanaman pangan yang bernilai tinggi adalah kedelai. Kedelai saat ini menjadi komoditi yang sangat dicari seiring dengan menipisnya stok kedelai di pasar dunia." Terang Mayjend Agus.


Menurut data dari Dinas Pertanian Propinsi Aceh, kata Pangdam,  Aceh terdapat 340.594 hektar lahan tidur . Semoga melalui program ini,  saya berharap lahan tidur tersebut dapat kita fungsikan menjadi lahan pertanian khususnya untuk menanam tanaman kedelai yang sangat bermamfaat bagi peningkatan kesejahtraan rakyat,  dimana saat ini kebutuhan kedelai di Aceh sangat tergantung dari propinsi lain." Propinsi Aceh sebagai daerah yang memiliki sejarah ketahanan pangan yang kuat di masa lalu serta sangat berpotensi sebagai salah satu wilayah penopang ketahanan pangan nasional." Urai Jenderal Bintang Dua ini.
 

Acara selanjutnya, penyerahan secara simbolis bantuan bibit kacang kedelai jenis,  anjas moro , pupuk NPK dan sarana produksi lainnya yang diserahkan langsung oleh Pangdam Iskandar Muda kepada Kelompok Tani Malikussaleh dan bersamaan dengan penanaman perdana oleh Pangdam IM dan rombongan serta tamu undangan lainya. (Rj)